Kamis, 14 Feb 2019 18:21 WIB

Soal Razia Kondom di Hari Valentine, Ini Komentar BKKBN

Rosmha Widiyani - detikHealth
Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi membantu perencanaan keluarga. (Foto: istock) Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi membantu perencanaan keluarga. (Foto: istock)
Jakarta - Kontroversi di setiap perayaan Hari Valentine tak pernah berhenti, salah satunya penjualan kondom. Dikutip dari detikNews, Pemerintah Kota Makassar berniat merazia lokasi yang menjual kondom secara bebas.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Swasta Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Widwidiono mengatakan kondom adalah salah satu jenis alat kontrasepsi. Seperti yang lain, penggunaan kondom bertujuan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan membantu perencanaan keluarga.

"Kondom digunakan pasangan usia subur dan menikah atas kesepakatan suami istri. Untuk pasangan ini, BKKBN justru memberikan kondom sebagai alat kontrasepsi. Kami memberikan kondom dalam konteks sebuah keluarga," ujar Widwidiono pada detikHealth, Kamis (14/02/2019).



Menurut Widwidiono, saat ini Indonesia memiliki 7 jenis alat kontrasepsi termasuk kondom. Pasangan bisa memilih alat kontrasepsi yang diinginkan bergantung pada kepentingan dan perencanaan keluarga.

BKKBN tidak berkomentar banyak terkait penggunaan kondom pada pasangan yang belum menikah. Widwidiono mengatakan, pihaknya mengembalikan hal tersebut pada pendidikan keluarga yang bersangkutan.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed