Jumat, 15 Feb 2019 09:37 WIB

Minuman Berenergi 6 Kaleng Perhari Bikin Gigi Cowok Ini Membusuk

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kesehatan gigi. Foto: ilustrasi/thinkstock Kesehatan gigi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Vinnie Pyner (21) asal Colorado terpaksa berhenti kuliah di tahun 2017 lalu karena merasa malu soal giginya yang membusuk. Ia mengaku penyebab giginya membusuk adalah karena terlalu banyak minum minuman berenergi, hingga enam kaleng per harinya bagai kecanduan.

Awalnya ia hanya meminumnya untuk meredakan stres dan tekanan dari perkuliahan, di mana ia mengambil jurusan teknik komputer. Kemudian giginya menjadi sering sakit, bahkan walau rutin menyikat gigi dua kali, rasa sakit itu tidak kunjung hilang.

Hingga akhirnya, empat gigi depannya pecah saat ia sedang memakan apel. Ia sangat terkejut sekaligus khawtir, karena kerusakannya cukup buruk, namun berusaha menutupi hal tersebut dari sang ibu. Saat ia memeriksakannya, dokter gigi sangat terkejut dengan kondisi giginya dan menyebut kasus Vinnie menjadi yang terburuk yang pernah ia lihat dan tangani.


"Aku tak pernah menyangka akan seburuk ini, sangat berdampak pada kepercayaan diriku secara dramatis. Aku memiliki ambisi untuk menjadi desainer game namun kini impianku telah musnah. Gigiku memerlukan 24 tambalan dan perbaikan untuk bagian depan," kata Vinnie, dikutip dari FoxNews.

Banyak ahli kesehatan telah memberi peringatan sejak lama soal bahaya dari minuman berenergi, terkait dengan konsumsi kafein, kesehatan jantung, bahkan tumbuh-kembang. Minuman energi juga mengandung jumlah asam yang cukup tinggi yang bisa merusak gigi.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Academy of General Dentistry, kerusakan enamel gigi menyebabkannya jadi sangat sensitif dan rentan berlubang dan sangat mungkin untuk membusuk. Karena itu direkomendasikan untuk membatasi konsumsi kafein sekitar 400 mg per hari, kurang lebih 4-5 cangkir kopi.

(frp/up)
News Feed