Jumat, 15 Feb 2019 12:53 WIB

5 Gaya Hidup Sehat yang Dianjurkan untuk Pasien Kanker

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pasien kanker tetap memerlukan tubuh yang prima untuk pemulihan. (Foto: Thinkstock) Pasien kanker tetap memerlukan tubuh yang prima untuk pemulihan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pasien kanker harus terus menerapkan pola hidup sehat saat menjalani pengobatan agar proses pemulihan tetap berjalan dengan baik. Sebab, banyak pasien kanker yang setelah pulih mengalami beberapa kondisi kesehatan seperti obesitas, masalah jantung bahkan diabetes.

Untuk itu, sangat disarankan agar menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang baik meski sedang sakit. Pasien kanker dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi tentu dengan saran dari tim perawat kesehatan.

Terdapat gaya hidup sehat yang dianjurkan untuk pasien kanker. Berikut di antaranya dikutip detikHealth dari berbagai sumber.



1. Makan makanan yang sehat

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pasien kanker. Konsumsi makanan yang tepat dapat membuat tubuh merasa lebih baik dan kuat melawan infeksi. Jenis makanan yang sehat yang dianjurkan adalah mengonsumsi banyak jenis sayur, buah, protein, ikan dan kurangi makanan olahan, kudapan manis dan gorengan.



2. Jaga kesehatan emosi dan mental

Meluangkan waktu dengan teman dan sahabat atau sekedar bersantai melakukan hobi mampu mempercepat pemulihan. Kesehatan mental bagi pasien kanker juga sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari kecemasan dan depresi yang berlebihan.



3. Tetap pertahankan berat badan ideal

Hindari perubahan berat badan selama menjalani pengobatan kanker. Perhatikan jika terdapat perubahan berat badan baik menurun atau bertambah. Jika overweight, konsultasikan langsung ke ahli kesehatan untuk mengembalikan berat badan ke posisi ideal.

5 Gaya Hidup Sehat yang Dianjurkan untuk Pasien KankerFoto: shutterstock




4. Aktif secara fisik

Beberapa penelitian menunjukkan berolahraga aman ketika sedang menjalani pengobatan kanker, bahkan hal tersebut dapat meningkatkan kondisi kesehatan seperti menghilangkan lelah dan depresi.

Beraktifitas fisik saat menjalani pengobatan juga dapat mengurangi risiko kanker muncul kembali. Seperti kanker payudara, usus, prostat dan ovarium.

5. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Kenakan pakaian pelindung matahari, sebab terdapat beberapa obat yang membuat tubuh lebih sensitif terhadap sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi iritasi dan menyebabkan terjadinya komplikasi lainnya.

(kna/up)
News Feed