Jumat, 15 Feb 2019 16:01 WIB

Rumah Dekat Jalan Raya? Waspada Pria Jadi Sulit Ereksi

Firdaus Anwar - detikHealth
Paparan asap kendaraan bisa berhubungan dengan masalah disfungsi ereksi. (Foto: Dikhy Sasra) Paparan asap kendaraan bisa berhubungan dengan masalah disfungsi ereksi. (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta - Masalah polusi di kota-kota besar jelas bisa jadi hal yang membahayakan kesehatan. Selain bisa menimbulkan gangguan pernapasan, studi terbaru melihat kalau pria juga harus ekstra waspada karena polusi ternyata dapat memengaruhi performa di atas ranjang.

Pria yang tinggal di pinggir jalan raya atau daerah lain dengan tingkat polusi tinggi mereka mungkin akan lebih rentan terhadap disfungsi ereksi.



Hal ini berkaitan dengan studi peneliti dari Guangzhou University, China, yang melihat kemampuan ereksi tikus dapat berkurang ketika terpapar asap kendaraan. Masalah ereksi disebut lebih signifikan pada kelompok tikus yang terpapar polusi 4-6 jam dibandingkan kelompok tikus yang menghirup udara bersih.

"Untuk pertama kalinya studi kami mengungkap efek asap kendaraan pada kemampuan penis ereksi. Hasil ini bisa jadi untuk meningkatkan kewaspadaan tentang peran potensial paparan asap kendaraan terhadap masalah disfungsi ereksi," kata salah satu peneliti Dr Shankun Zhao seperti dikutip dari Daily Mail, (15/2/2019).

Menurut peneliti polusi bisa berkaitan dengan disfungsi ereksi kemungkinan karena masalah peradangan sistemik, disfungsi paru, hingga berkurangnya aktivitas oksida nitrat dalam batang penis.

(fds/up)