Jumat, 15 Feb 2019 19:33 WIB

Bukan Cuma Asap Kendaraan, Rokok Juga Jadi Sumber Polusi Udara

Ayunda Septiani - detikHealth
Asap rokok tidak boleh diabaikan dalam kontribusinya terhadap polusi udara. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Asap rokok tidak boleh diabaikan dalam kontribusinya terhadap polusi udara. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Tingginya polusi udara di kota-kota besar seperti Jakarta dinilai memprihatinkan. Sekitar 80 persen berasal dari asap kendaraan bermotor, tetapi polusi asap rokok juga tidak bisa diabaikan.

"Asap rokok juga termasuk lho, karena sejatinya semua yang dibakar mengeluarkan partikel-partikel halus," kata dr Agus Dwi Susanto, SpP, ahli pernapasan dari RS Persahabatan, dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.



Partikel-partikel halus yang dikenal sebagai PM 2.5 tidak bisa diremehkan. Komponen polusi udara ini sangat kecil ukurannya, sehingga bisa menembus pembuluh darah. Dalam jangka panjang, dr Agus menyebut paparan partikel tersebut bisa meningkatkan risiko kanker.

Salah satu risiko paparan partikel halus dari udara pernapasan adalah terjadinya plak yang mengganggu fungsi paru. Celakanya, tanda-tandanya sulit dikenali hingga akhirnya memburuk tanpa disadari.

(up/up)
News Feed