Sabtu, 16 Feb 2019 11:45 WIB

Wah! Maag Makin Parah Kalau Makan Sebelum Tidur?

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, mengatakan maag bisa saja kambuh di tengah malam. Hal itu bisa saja terjadi jika penderita maag atau GERD makan sebelum tidur sehingga mempermudah makanan kembali dari lambung ke rongga mulut saat tidur.

"Pada orang yang tidak menderita sakit maag tidak masalah makan sebelum tidur, namun pada penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini memang dilarang. Pada penderita GERD, posisi tidur akan mempermudah baliknya makanan dari lambung yang masih terisi makanan ke rongga mulut. Berbeda jika tidurnya 2-3 jam sesudah makan," ungkap dr. Helmin kepada detikHealth, Sabtu (16/2/2019).


Selain itu, dr. Helmin juga menyebutkan faktor lain yang bisa memicu kambuhnya maag, salah satunya tentu karena melewatkan makan, baik sarapan, makan siang, maupun makan malam. Penyebab lainnya adalah karena konsumsi makanan yang sulit dicerna dan gemar meminum kopi.

"Asupan makanan siap saji dan western yang sulit dicerna. Konsumsi kopi berlebihan akibat menjamurnya coffee shop. Minum minuman soda dan alkohol. Tingkat stres yang tinggi akibat kemacetan, tekanan pekerjaan, dan lainnya," sambung dr. Helmin.

Namun jika maag terlanjur kambuh, dr. Helmin menyarankan untuk segera mengonsumsi obat maag. Sebab jika dibiarkan, sakit maag akan semakin parah hingga mengganggu aktivitas. Bahkan, rasa sakit akibat maag bisa terus berlanjut hingga berakibat fatal.

"Obat maag yang bersifat antasida sebaiknya diminum sebelum makan karena bekerja dengan cara menetralkan asam lambung yang sedang tinggi. Nah, karena kerjanya lokal, obat penetralisir asam lambung ini bisa langsung bekerja dan asam lambung kembali normal dan lambung siap kembali untuk diisi makanan tanpa ada keluahan sakit maag," jelas dr. Helmin.


Salah satu obat maag yang bisa meredakan sakit maag dengan cepat adalah Promag dengan kandungan bahan aktif antasida seperti magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit maag bisa teratasi. (mul/ega)
News Feed