Sabtu, 16 Feb 2019 19:13 WIB

16 Obat Batuk Alami

Tim detikhealth - detikHealth
16 Obat Batuk Alami/Foto: istock 16 Obat Batuk Alami/Foto: istock
Jakarta - Batuk menjadi penyakit yang umum terjadi pada siapa saja. Apalagi saat memasuki musim hujan seperti saat ini.

Daya imun yang menurun disertai dengan padatnya aktivitas yang dilakukan membuat tubuh sangat rentang terhadap masuknya berbagai virus dan bakteri. Selain itu, batuk juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan ataupun dari segi makanan yang Anda konsumsi.

Terdapat dua jenis batuk ringan yang sering dialami oleh banyak orang, yaitu batuk kering yang disertai dengan rasa gatal di tenggorokan dan juga batuk berdahak. Dari dua jenis batuk tersebut, terdapat jenis obat yang berbeda yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi panyakit ini. Anda bisa mengkonsumsi obat batuk yang bisa dibeli di apotek ataupun dengan menggunakan beberapa bahan tradisional sebagai obat untuk mengatasi batuk secara alami.

Obat Batuk Alami

Saat Anda terserang batuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mengkonsumsi obat batuk di apotek, membuat obat batuk dari bahan tradisional, hingga istirahat cukup untuk mengembalikan sistem imun dalam tubuh. Dari beberapa cara yang bisa dilakukan, membuat obat batuk dari bahan tradisional menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain ampuh mengatasi batuk, cara ini juga tergolong aman dan tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat batuk ampuh yang aman untuk dikonsumsi:

1. Lemon dan Jeruk Nipis

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan sebagai obat untuk meredakan batuk secara alami adalah lemon dan jeruk nipis. Kedua bahan ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta antibakteri yang berkhasiat untuk membasmi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Caranya, Anda bisa ambil perasan air lemon dan jeruk nipis. Kemudian campur dengan 1 sendok madu dan segelas air, lalu minum.

2. Bawang Putih dan Bawang Merah

Kedua bahan dapur ini bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal. Dimana kandungan phytochemical yang terdapat di dalam bawang merah serta anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih mampu mengatasi kondisi batuk dengan sangat ampuh. Caranya, Anda bisa mengkonsumsinya secara mentah. Atau jika mau Anda bisa mmbuatnya sebagai jus. Meskipun rasanya tidak enak namun kedua bahan ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk kering.

3. Jahe

Jahe sudah banyak digunakan sebagai obat batuk alami oleh banyak orang. Selain sifat anti bakteriannya, bahan tradisional ini juga dapat meningkatkan suhu dalam tubuh. Anda bisa menggunakan jahe sebagai obat batuk kering dan obat batuk berdahak dan gatal dengan membuatnya sebagai wedang jahe.

4. Daun Kemangi

Kemangi sering digunakan sebagai obat batuk yang aman dikonsumsi. Dimana mengkonsumsi jus kemangi dipercaya mampu meredakan batuk secara lebih cepat. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat juas atau daun kemangi yang telah direbus.



5. Daun Seledri

Tidak berbeda jauh dari daun kemangi, daun seledri juga ampuh untuk mengatasi batuk. Dimana Anda bisa membuatnya sebagai jus dan campur dengan 1 sendok madu. Konsumsi jus daun selederi setiap 3 jam sekali, maka batuk akan teratasi dengan cepat.

6. Daun Sirih

Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki daun sirih juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk kering dan gatal. Anda bisa merebusnya sebagai minuman pereda batuk. Jika mau, Anda juga bisa menambahkan 1 potong jahe di dalamnya.

7. Garam

Garam mampu mengurangi rasa gatal dan bengkak pada tenggorokan. Dimana bahan dapur yang satu ini sering digunakan sebagai obat pereda batuk alami yang aman dikonsumsi. Caranya, ambil 1 - 2 sendok garam dapur kemudian campur dengan segelas air hangat. Setelah itu gunakan sebagai minuman.

8. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Saat tubuh dalam kondisi menurun, tentu bakteri akan lebih cepat masuk dan berkembang di dalamnya. Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan batuk yang aman dan ampuh untuk dikonsumsi.

9. Kunyit dan Garam

Kunyit memiliki kandungan antibiotik yang mampu mengatasi terjadinya peradangan pada saluran pernafasan. Bahan ini bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi batuk kering dan berdahak. Caranya, patur beberapa potong kunyit. Kemudian campur dengan 1 sendok garam, setelah itu Anda bisa langsung meminumnya.

10. Ramuan Madu, Lemon, dan Biji Rami

Selain beberapa bahan alami di atas, ramuan madu, lemon dan biji rami juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk dan mengatasi masalah pada saluran pernafasan. Dimana Anda bisa merebus biji rami, setelah itu campur dengan perasan air lemon dan 1 sendok madu.

11. Lada Hitam

Jika Anda mengalami batuk kering yang tak kunjung sembuh, maka obat alami pereda batuk yang satu ini bisa menjadi pilihannya. Lada hitam memiliki kandungan zat yang mampu merangsang sirkulasi udara dalam saluran pernafasan. Selain itu, bahan ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat masuknya virus dan bakteri pada tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan segelas air.



12. Daun Peppermint

Kandungan mentol yang menyegarkan pada daun peppermint mampu meringankan tenggorokan yang gatal. Daun ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk anak-anak yang ampuh dan aman dikonsumsi. Caranya, rebus daun peppermint kemudian dekatkan uap rebusan daun pada hidung anak untuk dihirup. Cara ini ampuh untuk meredakan batuk kering dan berdahak baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

13. Belimbing Wuluh

Selain bunga belimbing wuluh yang bisa dimanfaatkan, ternyata buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu tambahan dapur dan juga pereda batuk. Caranya, ambil perasan air belimbing wuluh. Kemudian tambah 1 sendok garam dan segelas air, setelah itu saring dan minum 2 - 3 kali sehari.

14. Cabai Jawa

Mungkin terdengar sedikit aneh, namun bahan dapur yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai obat batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Caranya, tumbuh beberapa buah cabai jawa kemudian campur dengan 1 sendok madu. Setelah itu Anda bisa meminumnya sebagai obat alami untuk mengatasi batuk.

15. Daun Kayu Putih

Selain berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, daun kayu putih juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat batuk alami. Caranya, rebus beberapa daun kayu putih hingga mendidih. Setelah itu minum dalam keadaan hangat untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

16. Asam Jawa dan Gula Merah

Asam jawa dan gula merah juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk secara alami. Dimana dua bahan ini bisa Anda manfaatkan khasiatnya untuk meredakan batuk dan rasa gatal pada tenggorokan. Caranya, campur asam jawa dan gula merah dalam segelas air hangat. Kemudian Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat.

Itulah beberapa bahan tradisional yang bisa Anda gunakan sebagai obat batuk alami yang ampuh dan aman dikonsumsi. Jika batuknya tidak juga reda, maka sebaiknya bisa langsung dibawa ke dokter terdekat. (nwy/up)