Minggu, 17 Feb 2019 20:10 WIB

Tips Mengontrol Tensi Biar Tak Mudah 'Panas' Saat Nonton Debat Capres

Rosmha Widiyani - detikHealth
Nobar debat capres di Aceh (Agus-detikcom)
Jakarta - Debat biasanya memang memancing emosi penonton, melalui adu opini antar pesertanya. Tak terkecuali Debat Calon Presiden (Capres) putaran kedua yang akan berlangsung hari ini, Minggu (17/02/2019).

Supaya tidak terlanjur 'panas,' psikolog klinis Felicia Illina Nainggolan menyarankan 4 tips yang dilakukan sebelum dan selama nonton debat. Tips ini memudahkan pengendalian emosi saat nonton debat, sehingga tidak terlanjur panas atau terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

"Yang perlu diingat, dalam debat adalah wajar bila salah satu peserta berusaha menyudutkan lawan demi kemenangan. Yang penting jangan sampai terbawa emosi dengan ucapan atau perilaku selama debat," ujar psikolog yang biasa dipanggil Cia ini pada detikHealth.



Berikut tipsnya.

1. Posisikan diri sebagai penonton

Posisi ini memungkinkan untuk sekadar menikmati jalannya debat atau diskusi, tanpa terlihat terlalu membela atau menyudutkan salah satu peserta. Posisi sebagai penonton juga berpeluang melihat kekurangan dan kelebihan pada peserta debat.

2. Nonton sendiri

Tips ini tidak perlu diartikan menonton sendiri secara fisik. Cia menjelaskan, nonton debat sebaiknya jangan bersama orang-orang yang mudah memprovokasi. Hal ini memudahkan pengendalian emosi, serta menilai visi dan misi peserta debat dengan lebih objektif.



3. Jangan sambil melihat media sosial

Menurut Cia, emosi bisa saja terpancing saat melihat meme atau membaca unggahan di media sosial. Tentunya, risiko ini tidak berlaku bagi yang emosinya tidak mudah terpancing atau justru terhibur dengan meme yang ada.

4. Ganti tayangan

Jangan ragu mengganti debat dengan tayangan lain terutama jika emosi telah terpancing. Mengganti tayangan bisa membantu menenangkan diri sebelum kembali menonton debat. Bila cara ini tidak membantu kembali tenang, sebaiknya nonton debat dilakukan dengan cara lain bisa menyaksikan di internet atau membaca ulasannya.

(up/up)