Minggu, 17 Feb 2019 21:30 WIB

3 Kondisi yang Menandakan Seseorang Terlalu Tegang Nonton Debat Capres

Rosmha Widiyani - detikHealth
Suasana menonton debat capres (Foto: Rengga Sancaya) Suasana menonton debat capres (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Debat Calon Presiden (Capres) putaran kedua akan digelar hari ini, Minggu (17/02/2019). Layakya debat pada umumnya, selalu ada kemungkinan terlontar pernyataan dari kontestan yang memancing emosi para penonton.

Menghadapi kondisi tersebut, psikolog klinis Felicia Illina Nainggolan menjelaskan 3 kondisi yang sebaiknya diwaspadai. Jika 3 tanda ini muncul sebaiknya segera tenangkan diri, jangan sampai terbawa emosi lalu jadi semakin stres.

"Sebelum emosi terpancing sebaiknya waspadai munculnya 3 kondisi ini. Tanda ini adalah mulai muncul kalimat kasar atau kritikan tidak enak, enggan mendengarkan, dan perubahan kondisi fisik," kata psikolog yang kerap disapa Cia ini pada detikHealth.



Cia menjelaskan, kalimat atau kata-kata kasar bukan hanya yang telah terucap. Namun harus mulai diwaspadai juga ketika di pikiran mulai muncul keinginan untuk mengucapkannya. Hal yang sama berlaku untuk keinginan tidak mendengarkan argumen.

Untuk perubahan kondisi fisik, Cia menjelaskan ada 2 kondisi khas. Kondisi tersebut adalah badan terutama leher yang terasa pegang dan wajah terasa panas. Hal ini menandakan mulai adanya perubahan emosi, yang bisa saja terlontar dalam bentuk perkataan atau perbuatan.

Jika tanda tersebut muncul namun tetap ingin mengikuti materi debat, Cia menyarankan nonton melalui saluran lain misal tayangan online. Hal ini untuk mencegah ledakan emosi sesaat yang bisa berakibat buruk jika tidak diantisipasi.




Tonton video: Kepanikan Akibat Ledakan Dekat Lokasi Debat Pilpres 2019

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed