Senin, 18 Feb 2019 07:35 WIB

Doakan Ani SBY, Ini Pesan Survivor Kanker yang Pernah Ketemu Lisa Blackpink

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ani Yudhoyono tengah berjuang melawan penyakit kanker darah. (Foto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono) Ani Yudhoyono tengah berjuang melawan penyakit kanker darah. (Foto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono)
Jakarta - Ani Yudhoyono tengah berjuang melawan kanker darah. Istri mantan presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tengah dirawat di Singapura dan menyebutkan saat divonis dokter 'bagaikan tertimpa palu godam'. Sebagai sesama pejuang kanker darah, Intan Khasanah (23) juga turut mendoakan kesehatan dan kesembuhan Ani.

"Lakukan apapun yang bikin bahagia dan anggap aja dikasih kanker itu tandanya dikasih misi khusus untuk orang-orang spesial. Kan kalau dalam Islam, sakit itu pengampunan dosa kalau kita ikhlas dan sabar," ucap Intan saat dihubungi detikHealth melalui pesan singkat, Minggu (17/2/2019).

Intan adalah gadis kelahiran Padang yang sempat viral beberapa waktu lalu karena ia mengunggah video sedang menarikan lagu Ddu-du-ddu-du yang dibawakan girlband asal Korea Selatan, Blackpink, dan berkesempatan untuk bertemu Lisa, salah satu member yang menjadi idolanya. Sejak 2013, Intan telah jatuh bangun melawan kanker limfoma Hodgkin stadium 4, bahkan sempat mengalami salah diagnosis sebagai tuberkulosis (TB).


Intan adalah seorang survivor kanker darah limfoma. Sosoknya sempat viral karena membawakan cover version dance lagu Blackpink, yang membuatnya bisa bertemu Lisa.Intan adalah seorang survivor kanker darah limfoma. Sosoknya sempat viral karena membawakan cover version dance lagu Blackpink, yang membuatnya bisa bertemu Lisa. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth


Kanker limfoma merupakan kanker yang menyerang limfoma atau kelenjar getah bening yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Walau lebih dikenal oleh orang awam sebagai kanker kelenjar getah bening, kanker limfoma baik tipe Hodgkin maupun non-Hodgkin masih termasuk dalam kelompok kanker darah bersama leukemia dan myeloma karena bermula di sumsum tulang yang memproduksi sel-sel darah putih, merah dan plasma darah.

Perjuangan Intan juga masih belum usai. Setelah mengalami relaps (kekambuhan) dan metastase (penyebaran) kanker sebanyak dua kali, kini ia sedang menanti statusnya menjadi bebas kanker. Dua minggu lagi ia akan menjalani PET SCAN untuk memastikan status tersebut.

"Bu Ani nggak sendirian, kita di sini berjuang bersama ya, Bu," tutup Intan seraya membubuhkan emotikon hati.

(frp/up)
News Feed