Senin, 18 Feb 2019 09:05 WIB

Panggangan Roti Ternyata Bisa Jadi Sumber Polusi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Panggangan roti bisa melepas partikel halus ke udara. (Foto: Istock) Panggangan roti bisa melepas partikel halus ke udara. (Foto: Istock)
Jakarta - Sarapan roti panggang memang praktis, apalagi tinggal memasukkannya ke dalam toaster. Tetapi hati-hati, penelitian terbaru menyebut panggangan roti tersebut juga bisa melepaskan partikel berbahaya.

Seperti halnya lilin, kompor gas, dan tungku kayu, toaster atau panggangan roti disebut sebagai sumber polusi bagi mereka yang memasak di dalam rumah. Ini terungkap dalam sebuah penelitian di University of Texas.

Toaster disebut akan melepaskan partikel sejak elemen pemanasnya dinyalakan. Partikel-partikel tersebut berasal dari serpihan-serpihan roti dan juga minyak yang menempel.



"Ini akan menyebabkan apa yang Anda sebut tingkat polusi yang 'sangat tidak sehat' dibandingkan standar kualitas udara luar ruangan," kata Marina Vance yang memimpin penelitian ini, dikutip dari Dailymail.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan tidak lebih dari 25 mikrogram partikel halus tiap meter kubik udara. Ketika toaster dinyalakan, disebutkan tingkat polusi yang dilepaskan lebih tinggi dari standar.



Saksikan juga video 'Tiap Tahun, 600.000 Anak 'Terbunuh' Polusi Udara':

[Gambas:Video 20detik]

(up/fds)
News Feed