Senin, 18 Feb 2019 19:00 WIB

Punya Email Gigi Tipis Ternyata Tunjukkan Risiko Kesehatan Mental Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Menurut sebuah penelitian, email atau enamel gigi yang tipis bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan, mulai dari depresi hingga bipolar. Foto: Istock Menurut sebuah penelitian, email atau enamel gigi yang tipis bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan, mulai dari depresi hingga bipolar. Foto: Istock
Jakarta - Gigi bukan hanya berfungsi untuk mengunyah makanan, namun menurut sebuah penelitian gigi bisa menunjukkan risiko kesehatan seseorang.

Penelitian yang dipresentasikan di American Association for the Advancement of Science di Washington DC, menemukan bahwa email gigi yang tipis memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena depresi dan biopolar.

Dikutip dari Daily Mail, psikiater dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, dr Erin Dunn bekerja sama dengan arkeolog dan antropolog serta praktisi kesehatan masyarakat. Mereka meminta orang tua dari 37 anak berusia enam tahun ke atas untuk menyumbangkan gigi mereka ketika mulai lepas.


Setelah menganalisis setiap gigi, mereka membandingkan analisis penilaian perilaku anak-anak. Mereka menemukan perbedaan dalam dimensi dan kualitas gigi mereka merupakan prediktor kesehatan mental yang lebih baik dari pada faktor-faktor yang biasanya dicari oleh psikiater, misal lingkungan tempat tinggal dan peraturan keluarga.

"Studi ini adalah artefak untuk kebutuhan akan ilmu interdisipliner yang lebih dan bagaimana upaya dapat memberikan peluang untuk melihat hal-hal yang benar-benar tak terduga yang dilakukan bidang lain sepanjang waktu," ujar dr Dunn.

Menurut dr Dunn, penelitian ini menunjukkan manfaat dan kebutuhan para ilmuwan untuk bekerja lintas bidang.

(wdw/up)
News Feed