Senin, 18 Feb 2019 21:54 WIB

Menu Diet GM Praktis dan Menyehatkan

Tim detikHealth - detikHealth
Menu Diet GM Praktis dan Menyehatkan/Foto: iStock Menu Diet GM Praktis dan Menyehatkan/Foto: iStock
Jakarta - Pernah dengar istilah diet GM? Salah satu cara menurunkan berat badan ini banyak diterapkan oleh mereka yang ingin mendapatkan badan yang lebih kurus dan terlihat langsing. Umumnya, program diet dilakukan untuk memangkas kelebihan berat badan yang dimiliki. Hal tersebut sama halnya dengan diet general motors atau yang disingkat menjadi GM.



Apa Itu Diet GM?

Definisi diet GM adalah salah satu metode diet yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat dengan cara membatasi porsi dan menu makanan selama 1 minggu. Program diet ini menjanjikan hasil penurunan berat badan yang cukup ideal hingga 7 kg dalam waktu 1 minggu. Namun hasil tersebut bisa didapatkan apabila Anda menjalaninya dengan benar dan tepat.

Nama GM diambil dari salah satu karyawan General Motors yang bekerja di salah satu perusahaan asal Amerika Serikat di tahun 1985. Diet ini dilakukan dengan mengatur porsi dan menu makanan yang akan dikonsumsi selama 1 minggu penuh. Dimana Anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah kalori namun tinggi akan asupan gizi, misalnya saja seperti buah dan sayur.

Selain banyak melibatkan asupan kaya gizi, melakukan diet ini juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh Anda, seperti:

- Menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam waktu 1 minggu

- Dapat memperbaiki sistem pencernaan

- Meningkatkan aktivitas metabolisme dengan banyak membakar lemak dalam tubuh

- Membuang racun dan zat-zat berbahaya lainnya yang ada di dalam tubuh

- Badan menjadi lebih sehat karena banyak mengkonsumsi makanan kaya gizi

Selain memiliki manfaat yang cukup besar terutama untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu diet ini harus dilakukan dengan benar dan tepat. Berikut beberapa menu diet GM yang praktis dan menyehatkan untuk Anda ketahui:



Panduan Menu Diet GM


Dalam diet ini Anda diharuskan untuk memperbanyak makan-makanan yang tinggi kandungan airnya, misalnya saja seperti buah dan sayur. Dimana makanan seperti buah dan sayur serta makanan yang tinggi kandungan air dipercaya mampu meningkatkan metabolisme dengan banyak membakar lemak yang ada di dalam tubuh dan menghilangkan racun di dalamnya.

Untuk mempermudah menjalani program diet ini, berikut adalah rencana menu diet GM yang bisa Anda gunakan selama 1 minggu:

Hari Pertama:

Di hari pertama Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah. Sebaiknya pilih buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Anda bisa mengkonsumsi jenis buah apapun, kecuali pisang. Dimana buah pisang memiliki kandungan gula dan kalori yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Sedangkan untuk jenis buah terbaik yang bisa Anda konsumsi adalah semangka. Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi, dimana buah ini akan membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Hari Kedua:

Di hari kedua Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayuran. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau yang bisa dibuat jus ataupun diolah dengan cara memasaknya. Yang terpenting dari menu GM ini adalah Anda tidak boleh menggunakan minyak selama proses pengolahan. Jadi, makanan yang Anda konsumsi sebaiknya direbus atau dipanggang.
Hari Ketiga:

Di hari ketiga ini Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur. Dimana Anda bisa mengkombinasikan keduanya untuk dijadikan sebagai makanan baik di pagi, siang, maupun malam hari. Namun, Anda harus tetap menghindari jenis buah dan sayur kaya kalori, seperti kentang dan pisang.

Hari Keempat:

Jika di hari sebelumnya Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang. Maka di hari ke empat ini Anda justru dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang dan susu. Anda bisa mengkonsumsi 6 buah pisang dengan ukuran besar dan 8 buah pisang dengan ukuran kecil. Sedangkan untuk susu yang dikonsumsi sebaiknya jenis susu yang rendah lemak, yaitu sebanyak 3 gelas yang bisa diminum di pagi, siang, dan sore hari.

Hari Kelima:

Di hari kelima Anda disarankan untuk makan 1 - 2 porsi daging yang tidak mengandung lemak, seperti daging sapi, ikan segar, dada ayam. Untuk porsinya sendiri sekitar 300 gram dengan ditambah 6 buah tomat. Anda bisa mengolahnya dengan bentuk apapun, kecuali dengan menggunakan minyak. Atau Anda bisa mengkonsumsi sup sayur dengan campuran daging di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak minum air putih untuk membantu pemecahan purin.

Hari Keenam:

Sama dengan hari kelima, Anda dianjurkan untuk makan 1 - 2 porsi daging yang tidak mengandung lemak, seperti daging sapi, ikan segar, dada ayam. Untuk porsinya sendiri sekitar 300 gram dengan ditambah 6 buah tomat. Namun, jika bosan mengkonsumsi tomat, Anda bisa mengkonsumsi buah lain selain pisang dan kentang. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air.

Hari Ketujuh:

Di hari ke tujuh Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi nasi, namun nasi disini adalah jenis nasi merah. Selain itu Anda juga dianjurkan tetap mengkonsumsi buah dan sayur kaya kandungan air di dalamnya. Buah dan sayur bisa Anda olah menjadi sup ataupun dibuat menjadi jus yang segara untuk minuman.

Selain menerapkan menu diet di atas, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih setiap hari (sekitar 12 - 15 gelas per hari). Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh dan membantu pemecahan purin.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menjalani Diet GM


Keberhasilan diet ini tergantung bagaimana Anda menerapkan tata caranya. Selain itu, dalam menjalankan diet GM Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

- Menu makanan dalam diet ini bersifat mutlak, sehingga Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lain selain yang dianjurkan.

- Untuk jumlah buah dan sayur yang bisa dikonsumsi memang tidak dibatasi, namun Anda bisa mengkonsumsinya secukupnya saja atau dengan kata lain tidak berlebihan.

- Selain buah dan sayur, orang yang menjalankan diet ini juga dianjurkan untuk memperbanyak asupan air putih setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi air putih sekitar 12 - 15 gelas per hari. Atau jika tidak terbiasa mengkonsumsi banyak air, Anda bisa mengkonsumsinya 8 - 10 gelas per hari.

- Jika Anda penikmat teh dan kopi, maka kedua minuman ini masih bisa dikonsumsi dengan syarat tidak boleh menggunakan gula.

- Mengingat sistem metabolisme setiap orang berbeda, maka tidak semua orang dapat menurunkan berat badannya hingga 7 kg dalam waktu 1 minggu (bisa kurang atau bisa lebih).

- Meskipun banyak menu yang ditawarkan untuk hasil diet yang maksimal atau malah lebih ekstrim dari menu yang disebutkan di atas. Maka Anda bisa memilihnya, namun sebaiknya tidak memaksakan diri.

- Tidak disarankan melakukan diet GM selama 2 minggu berturut-turut. Kebanyakan dari mereka melakukan diet ini dalam waktu 1 minggu ata bahkan bisa 1 bulan secara berturut-turut. Karena hal tersebut tidak disarankan.

Untuk Anda yang ingin diet GM berhasil, maka Anda bisa menggunakan panduan menu di atas selama 1 minggu. Sebaiknya, lakukan diet ini dengan benar dan tepat agar tidak menimbulkan efek berbahaya setelah menjalaninya.

(nwy/up)