Selasa, 19 Feb 2019 14:02 WIB

Arumi Bachsin Langsung Beraktivitas usai Keguguran, Kapan Pemulihannya?

Ayunda Septiani - detikHealth
Arumi Bachsin mengalami keguguran dan harus menjalani kuret (Foto: Adhar Muttaqin) Arumi Bachsin mengalami keguguran dan harus menjalani kuret (Foto: Adhar Muttaqin)
Jakarta - Arumi Bachsin dikabarkan baru saja mengalami keguguran dan harus menjalani kuret. Namun hari ini ia sudah bisa beraktivitas kembali dan dilantik sebagai Ketua Umum Tim Penggerak PKK Jatim.

Istri Wagub Emil Elestianto Dardak ini mengalami keguguran dan menjalani perawatan di RSIA Kendangsari, Surabaya, Senin (18/2) sore. Kondisi Arumi yang keguguran di usia kandungan kurang dari 3 bulan dikabarkan baik-baik saja.

Normalnya, berapa lama masa pemulihan yang dibutuhkan setelah menjalani kuret karena keguguran?

"Keguguran kita anggap seperti kelahiran sebelum waktunya, seperti masa nifas. Contohnya nih hari ini kita keguguran, nah 40 hari kemudian sudah boleh beraktivitas kembali kok. Dan sudah diizinkan kembali untuk hamil," jelas dr Noviyanti, SpOG dari RS Mayapada Tangerang.



Walau demikian, bukan berarti harus benar-benar berdiam diri. Tak butuh waktu lama setelah dikuret, sebenarnya seseorang sudah bisa melakukan aktivitas ringan selama tidak ada keluhan.

"Ini nggak sama seperti melahirkan. Setelah kuret 3 hari kemudian juga udah boleh beraktivitas seperti biasa," jelas dr Novi, Selasa (19/2/2019).

(up/up)