Selasa, 19 Feb 2019 15:55 WIB

Harus Tahu! Pada Hari Ke-7 Sakit DBD, Trombosit Akan Naik Sendiri

Widiya Wiyanti - detikHealth
Saat mengidap DBD, trombosit akan meningkat sendiri pada hari ke-7. Foto: thinkstock Saat mengidap DBD, trombosit akan meningkat sendiri pada hari ke-7. Foto: thinkstock
Jakarta - Sudah hal biasa jika terdiagnosis demam berdarah dengue (DBD) pasti diminta untuk mengonsumsi jus jambu biji yang sering disebut-sebut dapat menaikkan kadar trombosit di dalam tubuh.

Namun tak jarang ada yang sudah mengonsumsi berliter-liter jus jambu biji namun trombositnya tetap tidak menunjukkan kenaikan. Hal ini dikarenakan belum ada penelitian yang menunjukkan jambu biji bisa menaikkan trombosit atau menyembuhkan DBD.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RSPI Puri Indah, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, FINASIM, kadar trombosit pada saat mengidap DBD ternyata bisa naik dengan sendirinya lho.

"Trombosit akan naik sendiri pas hari ketujuh, setelah penyakitnya sembuh sendiri, jadi bukan jus jambu terus trombositnya jadi naik," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.



dr Ronald juga mengatakan bahwa DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyembuhkan dirinya sendiri atau disebut self limiting disease. Sehingga sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkannya.

"Sekitar 7-8 hari, yang gampang tuh kalau kena demam berdarah mau hitung sembuhnya kapan? Nah kita hitung saja biasanya Senin ketemu Senin, Senin sakit Senin berikutnya sembuh, seminggu," jelasnya.

Lantas mengapa banyak pasien DBD harus dirawat di rumah sakit? dr Ronald mengatakan bahwa meskipun DBD bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada fase-fase kritis atau berbahaya. Maka dari itu, perawatan di rumah sakit berfungsi untuk memantau kondisi pasien agar tidak terjadi perdarahan pada fase-fase kritis tersebut, yakni pada hari kelima hingga ketujuh.



(wdw/up)