Selasa, 19 Feb 2019 16:33 WIB

Tanda-tanda Ibu Hamil Mengalami Keguguran

Ayunda Septiani - detikHealth
Kenali tanda-tanda keguguran (Foto: Istock) Kenali tanda-tanda keguguran (Foto: Istock)
Jakarta - Risiko keguguran bisa terjadi karena berbagai hal. Ibu hamil perlu mengenali tanda-tandanya dan apa saja yang harus dilakukan bila mengalaminya.

Menurut dr Noviyanti, SpOG dari RS Mayapada Tangerang, normalnya ibu hamil tidak mengeluarkan cairan apapun dari vagina. Karenanya, perlu curiga bila ada flek hitam keluar dari organ tersebut.

"Ditandai dengan nyeri perut yang hebat, seperti saat mau haid. Karena kan diperes rahimnya, baru nanti darah dan flek hitamnya keluar. Karena seorang wanita yang hamil itu normalnya tidak mengeluarkan apapun dari vaginanya. Baik itu satu tetes atau tiga tetes pun tidak mengeluarkan darah segar," jelas dr Novi kepada detikHealth.



Apabila mengalami tanda-tanda tersebut, dr Novi menyarankan untuk segera memeriksakan diri. Dokter kandungan akan melakukan USG untuk memastikan kehamilannya normal atau ada masalah.

"Kalau normal biasanya dokter akan menyarankan dan memberi obat untuk menguatkan janin," tambah dr Novi.

Apabila ada ketidaknormalan atau bahkan keguguran, dokter bisa saja menyarankan kuret untuk menyelamatkan nyawa ibu. Kuret merupakan nama alat operasi yang digunakan untuk mengeluarkan janin dari dalam rahim.

(up/up)
News Feed