Selasa, 19 Feb 2019 22:25 WIB

Mengenal Kanker Pankreas yang Diidap Mendiang Desainer Karl Lagerfeld

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Desainer ternama Karl Lagerfeld dikabarkan mengidap kanker pankreas (Foto: Getty Images) Desainer ternama Karl Lagerfeld dikabarkan mengidap kanker pankreas (Foto: Getty Images)
Jakarta - Kanker pankreas disebut-sebut sebagai penyebab meninggalnya desainer ternama Karl Lagerfeld. Seperti halnya jenis kanker kebanyakan, pemicu utama kanker ini tidak diketahui pasti.

Dikutip dari WebMD, kanker pankreas terjadi ketika sel pankreas mengalami kerusakan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) lalu berperilaku dan menggandakan diri secara abnormal. Sel kanker membelah diri dengan cepat dan menjadi tumor.

Sel-sel tersebut pada akhirnya menyebar (metastasis) ke seluruh tubuh melalui darah maupun sistem limfatik.

Diperkirakan 5-10 persen pengidap kanker pankreas memiliki anggota keluarga yang juga memiliki riwayat penyakit serupa. Beberapa gen dikaitkan dengan peningkatan risiko, meski belum satupun diidentifikasi sebagai gen penyebab kanker pankreas.

Faktor risiko lainnya adalah diabetes, walaupun tidak serta merta pengidap diabetes akan terserang jenis kanker ini. Selain itu, riwayat merokok seperti pada jenis kanker lainnya, juga dimasukkan sebagai faktor risiko.

Sementara itu, sebuah laporan di The Lancet Public Health pernah menyebut obesitas berhubungan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker. Kanker pankreas termasuk di dalamnya.



Beberapa gejala yang bisa dikenali pada kanker pankreas antara lain seperti dikutip dari Mayoclinic adalah sebagai berikut:

1. Nyeri pada perut atas yang menjalar hingga ke punggung
2. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
3. Depresi
4. Diabetes yang muncul baru saja
5. Gumpalan darah
6. Kelelahan
7. Kulit menguning dan mata pucat (jaundice)

Pankreas sendiri merupakan organ berukuran sekitar 15 cm dan berbentuk seperti buah pir. Fungsinya adalah melepas atau mensekresikan hormon, termasuk di antaranya insulin. Organ ini juga memproduksi cairan untuk mencerna makanan.

(up/fds)