Rabu, 20 Feb 2019 08:31 WIB

Letak Jerawat di Wajah dan Kaitannya dengan Masalah Kesehatan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Letak jerawat di area tertentu bisa menunjukkan terjadi masalah di tubuhmu. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Letak jerawat di area tertentu bisa menunjukkan terjadi masalah di tubuhmu. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Nggak jarang kita merasa bingung ketika menemukan jerawat di satu area tertentu pada wajah. Banyak yang sering mengaitkannya dengan masalah hormon, bahkan sedang terjadi masalah pada tubuh.

Siapa sangka, ternyata letak jerawat yang kadang mengganggu di sekitar wajah berhubungan dengan berbagai kondisi kesehatan, mulai dari masalah pada fungsi hati, paru, atau masalah pencernaan.

Berikut letak jerawat di wajah dan kaitannya dengan masalah kesehatan, dikutip detikHealth dari berbagai sumber.



1. Dahi

Bagian dahi menunjukkan tubuh sedang dehidrasi atau masalah pencernaan di usus kecil serta mengalami stres. Jika jerawat berada di tengah dahi, berarti pertumbuhan bakteri di usus kecil sedang meningkat.

Mengurangi soda dan minuman berkarbonasi bisa dilakukan untuk mengurangi jerawat di area ini. Konsumsi minuman yang mengandung antioksidan seperti teh hijau juga sangat dianjurkan untuk memperlancar sistem pencernaan.

2. Di antara alis

Jerawat di area ini bisa disebabkan karena masalah yang terjadi pada hati. Konsumsi gula dan alkohol yang berlebihan bisa jadi pemicunya. Ini juga pertanda bahwa antioksidan alami di tubuh berkurang.

Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan yang sehat. Pilih makanan yang ringan seperti semangka atau timun dan hindari makanan yang terlalu banyak mentega dan gula.

3. Mata

Ini bisa menjadi tanda fungsi hati yang buruk, komplikasi sendi, atau pencernaan yang buruk. Jerawat kronis dapat muncul di sekitar mata juga akibat dari peradangan sistemik di berbagai organ dan jaringan getah bening.

Jika mengamati adanya jerawat di dekat mata, kurangi asupan gula dan garam. Warna kekuningan di mata juga menunjukkan fungsi hati yang lemah.

4. Pipi

Adanya kelainan metabolik, masalah paru-paru dan kurang asupan nutrisi ditandai dengan adanya jerawat di pipi. Perubahan warna pada pipi juga menandakan metabolisme yang buruk dan penyerapan nutrisi yang rendah seperti asam folat dan zat besi.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa jerawat di pipi mungkin disebabkan oleh ponsel atau sarung bantal yang kotor atau terlalu sering menyentuh wajah. Pastikan untuk menjauhkan tangan yang kotor dari wajah dan gunakan seprei yang bersih.




Simak Juga 'Tips Berantas Tuntas Jerawat dari Kaesang Pangarep':

[Gambas:Video 20detik]


Letak Jerawat di Wajah dan Kaitannya dengan Masalah Kesehatan
(kna/up)
News Feed