Rabu, 20 Feb 2019 08:45 WIB

Punya Ciri-ciri Berikut? Bisa Jadi Kamu Mengidap Skoliosis

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk melihat tubuh mengalami skoliosis. (Foto: iStock) Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk melihat tubuh mengalami skoliosis. (Foto: iStock)
Jakarta - Skoliosis adalah kondisi medis di mana tulang belakang manusia dilihat dari belakang akan nampak melengkung ke kiri atau kanan. Kurva lengkungnya bisa berbentuk 'S' atau 'C' dengan derajat lengkung sedikitnya 10 derajat. Meskipun tulang belakang manusia umumnya memang tidak benar-benar lurus, ketika mulai memiliki lengkungan sudut 10-15 derajat, maka pemeriksaan ke dokter mungkin harus dilakukan.

Menurut Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP, dari Lamina Pain and Spine Center, Rumah Sakit Meilia Cibubur, banyak juga pasien yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami skoliosis karena tidak ada keluhan selain dari segi estetika.

"Kalau sudah ditemukan dengan sudut yang besar umumnya benjol sebelah. Tapi yang datang ke dokter biasanya emang karena satu faktor kosmetik, pundaknya tinggi sebelah. Atau yang kedua adalah tidur keganggu atau jalan kejauhan mulai pegel sebelah," kata dr Wawan.



"Kalau sudut skoliosisnya sudah tinggi banget di daerah punggung atas itu bisa sampai sesak napas, yang di atas 70 derajat biasanya, karena tulangnya sudah mendorong," tambahnya.

Tapi bukan melulu ditandai dari pundak yang tinggi sebelah, sudut lengkungan yang tinggi daerah pinggang justru menjadikan panggul tinggi sebelah, bukan pundak.

Berikut ini adalah beberapa tanda skoliosis yang bisa muncul pada seseorang:

1. Tinggi bahu berbeda, semakin tinggi sudut biasanya makin menonjol
2. Benjolan di punggung bawah
3. Sulit berjalan karena kebas, lemah, sakit di kaki
4. Sulit berdiri tegak
5. Sesak nafas
6. Penyusutan tinggi badan
7. Tidur terlentang atau miring yang tidak nyaman



Punya Ciri-ciri Berikut? Bisa Jadi Kamu Mengidap Skoliosis
(ask/up)
News Feed