Rabu, 20 Feb 2019 09:20 WIB

Letak Jerawat di Wajah dan Kaitannya dengan Masalah Kesehatan (2)

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bukan hanya masalah hormon, jerawat di area tertentu juga bisa jadi tanda masalah kesehatan. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Bukan hanya masalah hormon, jerawat di area tertentu juga bisa jadi tanda masalah kesehatan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Pada sebagian orang, jerawat bisa muncul di berbagai area di wajah namun nggak jarang hanya ada yang timbul di satu atau dua area saja.

Kemunculan jerawat yang tidak biasa ini menandai kondisi kesehatan yang lagi nggak fit. Mulai dari malnutrisi, dehidrasi, sampai penyakit kronis.

Berikut letak jerawat di wajah dan kaitannya dengan masalah kesehatan, dikutip detikHealth dari berbagai sumber.



1. Hidung

Jerawat di sepanjang hidung dan pipi dapat mengindikasikan masalah dengan jantung atau tekanan darah. Jerawat di area ini juga terjadi karena pola mkaan yang buruk sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan peradangan jerawat.

Konsumsi makanan yang kurang asam lemak esensial seperti salmon, alpukat dan zaitun bisa mendasari munculnya jerawat. Mengonsumsi makanan seperti daging atau makanan olahan serta kurang asupan buah dan sayur pun menjadi pemicu jerawat di area ini.

2. Area bibir

Jerawat di sekitar mulut atau bibir merupakan tanda mengalami sembelit atau menunjukkan konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Jerawat di bibir bagian bawah menunjukkan kemungkinan mengidap gangguan pencernaan dan fungsi enzim yang buruk serta adanya parasit atau cacing di usus bagian bawah.

Adanya perubahan warna pada bibir, seperti pucat, dapat menjadi salah satu tanda seseorang mengalami penyakit jantung koroner atau komplikasi kardiovaskular lainnya.

3. Lidah

Jerawat yang berada di area lidah akan menunjukkan bercak-bercak putih atau merah di sekitarnya. Adanya jerawat di area ini menunjukkan tubuh mengalami beban racun yang tinggi, komplikasi paru atau kekurangan gizi.

Bercak putih melingkar di tengah atau belakang lidah menunjukkan penumpukan racun di area usus dan harus segera melakukan detoksifikasi. Ini bisa terjadi karena terlalu banyak makan makanan olahan dan kurang vitamin.

4. Dagu

Jerawat di area ini terkait dengan ketidakseimbangan hormon. Pada wanita, jerawat di sekitar dagu bisa timbul saat siklus menstruasi terjadi, atau bisa menunjukkan masalah seperti sindrom ovarium polikistik.

Oleh karena itu, atur dan kurangi stres sebisa mungkin, tidur yang cukup dan berolahraga. Melakukan hal ini dapat membantu menyembuhkan atau mengurangi peradangan jerawat di area dagu.



Simak Juga 'Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat':

[Gambas:Video 20detik]


Letak Jerawat di Wajah dan Kaitannya dengan Masalah Kesehatan (2)


(kna/up)