Rabu, 20 Feb 2019 14:41 WIB

Ada 6 Korban Ledakan Mal Taman Anggrek, Ini Perhitungan Derajat Luka Bakar

Aisyah Kamaliah - detikHealth
6 orang korban ledakan Mal Taman Anggrek disebut mengalami luka ringan dan luka bakar di bagian tangan. Foto: dok.istimewa 6 orang korban ledakan Mal Taman Anggrek disebut mengalami luka ringan dan luka bakar di bagian tangan. Foto: dok.istimewa
Jakarta - Ledakan terjadi di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, menimbulkan korban luka sebanyak enak orang. Dilansir detikNews, Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi menyebutkan keenam orang tersebut mengalami luka ringan. Beberapa di antaranya mengalami luka bakar pada tangan.

Kepada detikHealth, dr Galih Manggala, SpKK dari RS Permata Depok beberapa waktu lalu menerangkan ada beberapa metode untuk menghitung luas luka bakar. Salah satu yang sering digunakan adalah 'rule of nine'. Metode ini diperkenalkan oleh AB Wallace pada 1951.

Perhitungan ini dilakukan dengan memberi skor pada area tubuh dan masing-masing memiliki skor berbeda, misalnya pada kepala dan leher diberi skor 9 persen, lengan masing-masing 9 persen, badan depan 18 persen, sedangkan badan belakang 18 persen.


"Metode ini biasanya digunakan di lapangan dengan tujuan agar tenaga kesehatan bisa menilai seberapa banyak luas permukaan tubuh yg terbakar sebelum korban sampai ke rumah sakit," kata dr Galih.

Ada juga metode lain dengan menggunakan pengukuran telapak tangan. Satu telapak tangan dihitung 1 persen dari permukaan tubuh, sehingga luka bakar seukuran 2 kali telapak tangan dihitung sebagai luka bakar 2 persen.

Semoga lekas diberikan kesembuhan untuk mereka yang terdampak ledakan di Mal Taman Anggrek.



Simak Juga 'Ini Food Court Lantai 4 Lokasi Ledakan di Mal Taman Anggrek':

[Gambas:Video 20detik]


Ada 6 Korban Ledakan Mal Taman Anggrek, Ini Perhitungan Derajat Luka Bakar
(ask/up)
News Feed