Rabu, 20 Feb 2019 15:57 WIB

Diduga Menyerang Ranza Ferdian, Kenali Penyakit Kelenjar Getah Bening

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ranza diduga meninggal karena penyakit kelenjar getah bening. Foto: Ranza Ferdian (Instagram) Ranza diduga meninggal karena penyakit kelenjar getah bening. Foto: Ranza Ferdian (Instagram)
Jakarta - Ranza Ferdian, aktor muda yang namanya sangat dikenal dalam beberapa sinetron FTV dikabarkan meninggal dunia pada hari ini (20/2). Banyak yang mempertanyakan sakit apa yang diidap olehnya, sebagian besar menuliskan sang aktor dan bintang iklan itu mengidap kelenjar getah bening.

"Kelenjar getah bening," kata akun adel**va dilihat detikHOT, Rabu (20/2/2019).

Kelenjar getah bening atau limfe merupakan 'gumpalan' jaringan berbentuk oval di tubuh yang memiliki peran penting untuk melindungi tubuh dari infeksi dan kanker. Sistem limfatik tersebar di tubuh, yang terdiri dari pembuluh yang mengalirkan cairan limfe ke seluruh tubuh.


Sebagian besar orang hanya mengetahui kelenjar getah bening berada di leher, akan tetapi kelenjar ini juga berada di bagian tubuh lain, seperti ketiak (axillary lymph nodes), tulang selangka (supraclavicular lymph nodes), selangkangan (inguinal lymph nodes), abdomen (retroperitoneal lymph nodes), panggul (pelvic lymph nodes) dan mediastinum (area di antara paru-paru).

"Kelenjar ini berfungsi sebagai penyaring bakteri, virus, parasit, material asing lainnya dan bahkan sel kanker di tubuh. Inilah alasan mengapa seringkali kelenjar getah bening dievaluasi pada pengidap kanker, karena menjadi tempat pertama sel kanker 'tertangkap' saat hendak menuju bagian tubuh lainnya," tulis situs VeryWell Health.

Membengkaknya kelenjar getah bening bisa disebabkan tiga kondisi, yakni infeksi (saat kelenjar getah bening sedang melawan infeksi), kanker (sel kanker biasanya mengarah ke kelenjar getah bening terdekat), dan trauma (saat mengalami cedera).

Kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening disebut limfoma, yang memiliki dua tipe paling umum yakni limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin. Walau lebih dikenal dengan kanker kelenjar getah bening, namun sebenarnya kanker limfoma termasuk dalam kelompok kanker darah karena sama-sama bermula dari sumsum tulang.


Diduga Menyerang Ranza Ferdian, Kenali Penyakit Kelenjar Getah Bening
(frp/up)