Kamis, 21 Feb 2019 05:11 WIB

7 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Tidur

Ayunda Septiani - detikHealth
Semangat sepanjang hari ditentukan sejak pagi (Foto: iStock) Semangat sepanjang hari ditentukan sejak pagi (Foto: iStock)
Jakarta - Saat bangun pagi ada beberapa hal yang seringkali kita lakukan dan tanpa disadari justru akan memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Agar kamu bisa menjalani hari dengan penuh semangat, beberapa hal yang sudah ini sebaiknya tidak kamu lakukan setelah bangun pagi.

1. Menekan tombol 'snooze'
Jika kamu menekan tombol tunda beberapa kali mungkin terdengar seperti ide yang baik, tetapi para ahli memperingatkan bahwa itu adalah kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Para ahli yang mempelajari tidur mengatakan menunda alarm, atau yang biasa muncul dengan tombol bertuliskan snooze, bukanlah ide yang baik. Kenyataannya adalah setiap kali kita memencet tombol tersebut dan kembali tidur, kita memasuki perputaran pola tidur yang tidak bisa kita selesaikan. Hal ini membuat kita menjadi sangat lelah dan malas ketika akhirnya harus bangun.

2. Mengecek email dan media sosial
Kebiasaan meletakan ponsel bersebelahan dengan tempat tidur sudah menjadi kebiasaan setiap orang. Akibatnya, memeriksa e-mail atau sosial media setelah terbangun akan mengalihkan pikiran dari tugas penting yang harus kita lakukan.

3. Lupa minum air putih
Setelah bangun dari tempat tidur, jangan lupa untuk mengambil 1-2 gelas air untuk dihidrasi. Minum air putih tidak hanya membantu Anda bangun tidur, tetapi juga membuat metabolisme bergerak ke arah yang benar. Tambahkan lemon atau jeruk nipis bisa juga membantu membersihkan hati.
Jadi, mulailah hari kamu dengan air. Ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda.



4. Langsung minum kopi
Kalau kamu adalah tipe orang yang memilih untuk minum kopi di pagi hari untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk, lebih baik pertimbangkan lagi kebiasaan ini. Diantara jam 8 dan jam 9 di pagi hari, tubuh kita memproduksi sejumlah besar hormon yang mengatur energi. Jadi, kalau kita minum kopi sebelum jam 9:30 di pagi hari, tubuh kita akan mengurangi produksi hormon tersebut, membuat kita jadi kurang berenergi.

5. Bangun dalam suasana gelap
Jam biologis tubuh kita sangat sensitif dengan terang dan gelap. Kalau kita terbangun dengan cahaya yang gelap, otak kita akan bingung dan membuat kita jadi mengantuk. Buka gorden jendela kita agar cahaya matahari bisa masuk atau nyalakan lampu yang terang kalau di luar masih gelap.



6. Tidak merapikan tempat tidur
Percaya tidak percaya, merapihkan tempat tidur setelah bangun diasosiasikan dengan meningkatkan produktivitas kita hari itu lho. Selain itu, kebiasaan penting ini adalah langkah pertama untuk membantu kita memulai kebiasaan baik lainnya.

7. Lupa sarapan
Bagi sebagian orang jarang untuk menerapkan sarapan pagi, mungkin dengan alasan beberapa hal. Namun, hal tersebut bukanlah ide yang baik untuk dipertahankan. Kamu bisa mulai sarapan dan membiasakan diri untuk sarapan pagi, mulai dengan memakan oatmeal atau yogurt dengan buah.

Sebuah studi menemukan bahwa makan sarapan dapat membantu mencegah diabetes dan penyakit jantung, serta meningkatkan kinerja dan daya ingat. Manfaat lain dari sarapan pagi adalah, tubuh dapat menerima makanan lengkap yang sehat, bergizi, dan tinggi nutrisi.



Simak Juga 'Tips Rawat Kulit Wajah Sebelum Tidur':

[Gambas:Video 20detik]


7 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Tidur
(up/up)
News Feed