ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Feb 2019 11:13 WIB

Belum Bisa Layani Pasien BPJS Kesehatan, RSUI Masih Urus Kerja Sama

Widiya Wiyanti - detikHealth
RSUI masih urus kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) yang baru dibuka pada 22 Januari 2019 lalu belum bisa menerima pasien yang merupakan peserta BPJS Kesehatan.

"Yang sekarang ini yang baru kita terima yang non BPJS, untuk bisa melayani BPJS itu ternyata prosedur administrasi itu cukup kompleks," ujar Direktur Utama RSUI dr Julianto Witjaksono, SpOG(K) kepada detikHealth saat ditemui di RSUI Depok, Jawa Barat, Rabu (20/2/2019).

Menurut dr Julianto, prosedur kerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah dilakukan sejak September 2018 lalu. Namun hingga kini belum ada keputusan dari pimpinan BPJS Kesehatan, sehingga RSUI masih belum bisa melayani pasien BPJS Kesehatan.



Namun untuk masyarakat miskin di Kota Depok yang tidak termasuk anggota BPJS Kesehatan atau tidak memegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) bisa berobat secara gratis di RSUI karena ditanggung oleh Pemerintah Kota Depok.

"Jadi yang masuk sini yang bayar cash atau mempunyai jaminan atau masyarakat miskin yang ditanggung oleh Pemkot Depok sudah bisa kita terima, pasien-pasien miskin yang tidak tercover BPJS dan dibiayai oleh Pemkot Depok. Jumlahnya sekitar 2000-an," jelas dr Julianto.

dr Julianto pun berharap agar prosedur kerja sama dengan BPJS Kesehatan segera selesai, sehingga pasien BPJS Kesehatan bisa mendapatkan pelayanan di RSUI tersebut.


Tonton ulasan tentang RSUI Depok di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]


Belum Bisa Layani Pasien BPJS Kesehatan, RSUI Masih Urus Kerja Sama
(wdw/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT