Kamis, 21 Feb 2019 13:55 WIB

Selamat dari Hipotermia, Pria Ini Malah Terdiagnosis Kanker Ginjal

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kanker ginjal. Foto: Ilustrasi/thinkstock Ilustrasi kanker ginjal. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - William Jim Mendoza (59) sempat viral dan heboh setelah kisah ajaibnya yang selamat usai terjebak di dalam mobil di tengah badai salju selama dua hari. Ia dikirim ke rumah sakit untuk menangani hipotermia yang ia alami, namun rupanya justru ketahuan ia memiliki kanker ginjal stadium 4.

Menurut dokter yang menanganinya, kanker ginjal jenis renal cell carcinoma (RCC) tersebut telah menyebar ke beberapa bagian di tubuhnya, termasuk otak. Mayo Clinic menyebutkan RCC bermula di dinding proximal convoluted tubule, bagian dari tabung yang sangat kecil di ginjal yang menyalurkan kencing.


"Aku bertekad untuk melakukan apa pun yang harus kulakukan untuk melawan [kanker] ini. Hal itu ditemukan saat mereka merawatku untuk hipotermia dan kurasa lebih baik tahu dan langsung melawannya daripada tak mengetahuinya," ungkap William, dikutip dari Fox News.

Pada 6 Februari lalu, William dilaporkan menghilang. Saat itu ia sedang menyetir kembali ke rumah dari dinas kerja, dan saat badai salju menyerang, ia berencana untuk minggir dan mencari hotel, tapi terjebak di tumpukan salju dan tak bisa menghubungi keluarganya karena telepon genggamnya mati.

Dua hari kemudian, seorang pegawai perusahaan telepon menemukannya dan membantunya keluar dari mobil hingga mengantarnya ke rumah sakit. William dan istrinya membuka laman donasi GoFundMe untuk membantu biaya pengobatannya melawan kanker, dituliskan juga dalam laman tersebut ia akan menjalani operasi otak.


Selamat dari Hipotermia, Pria Ini Malah Terdiagnosis Kanker Ginjal


(frp/up)