Jumat, 22 Feb 2019 13:20 WIB

Viral Izin Sakit Ditolak Kantor, Bolehkah Tetap Masuk Kerja Saat Kena Tipes?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kisah seorang pria yang ijin sakitnya ditolak oleh kantor. Foto: iStock Kisah seorang pria yang ijin sakitnya ditolak oleh kantor. Foto: iStock
Jakarta - Kisah seorang pria yang izin sakitnya ditolak kantor menuai banyak komentar dari netizen. Dari tangkapan layar yang tersebar, pria tersebut mengunggah foto surat izin yang diberikan dokter kepadanya.

"Lah ini mah menurut UU ketenagakerjaan aja udah pelanggaran. Izin sakit aja udah diatur, larangan PHK gara2 sakit juga udah diatur. Ini mah bos2 calon masuk majalah hidayah/inspirasi sinetron azab. Tolong digruduk aja haduuhhh kesel!!!!" cuit salah satu warganet menanggapi kasus tersebut.

Sebenarnya bagaimana penanganan sakit demam tifoid atau biasa orang awam sebut tipes? Dihubungi detikHealth, dr Kevin William Hutomo dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu menjelaskan bahwa ketika terdiagnosis demam tifoid atau paratifoid, salah satu trilogi penatalaksanaannya adalah dengan beristirahat dan perawatan profesional.

"Hal ini bertujuan untuk mencegah komplikasi dan mempercepat penyembuhan. Pasien direkomendasikan bedrest sampai minimal 7 hari bebas demam atau sesuai dengan pulihnya kekuatan pasien. Teorinya lho yaa," jelas dr Kevin melalui pesan singkat.


Akan tetapi, kebanyakan dari kita masih banyak nih yang gemar jajan sembarangan. Karena itu seringkali kita sebenarnya sudah memiliki kuman pencetus penyakit ini di dalam pencernaan kita. Kuman ini masuk melalui makanan dan air yang tercemar.

"Jadi kadangkala ada juga orang yang terinfeksi. Tapi ada yang orangnya biasa aja. Ada yang baru terinfeksi dikit tapi orangnya udah demam, mual, muntah akhirnya enggak nafsu makan, lemas akhirnya. Nah, biasanya yang model begini harus bed rest. Minum antibiotik sesuai anjuran dokter dan makan makanan yang lunak atau bubur," tegasnya.

Kalau kamu Healthy Friends, pernahkah izin sakitmu ditolak oleh kantor? Ceritakan kisahmu di kolom komentar atau boleh mengirimkannya ke email redaksi@detikhealth.com untuk lebih jelasnya.



Viral Izin Sakit Ditolak Kantor, Bolehkah Tetap Masuk Kerja Saat Kena Tipes?
(ask/up)