Jumat, 22 Feb 2019 18:39 WIB

Sakit Kepala Tandanya Hipertensi, Mitos atau Fakta?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Benarkah hipertensi memicu sakit kepala? (Foto: Thinkstock) Benarkah hipertensi memicu sakit kepala? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tidak jarang orang merasakan sakit kepala dan mengaitkannya dengan tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Benarkah sakit kepala merupakan tanda dari hipertensi?

Namun hal tersebut dibantah oleh guru besar Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UI Prof Dr dr Suhardjono, SpPD-KGH, KGer, FINASIM, karena sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor.

"Sakit kepala penyebabnya lebih dari 100, nggak khas sama sekali. Khusus hipertensi pada sakit kepala umumnya nggak berkaitan dengan tekanan darah," ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).



Ketua Indonesia Society of Hypertension (InaSH) dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, FINASIM pun mengatakan hal serupa. Untuk mendiagnosis hipertensi pun harus melalui tatalaksana yang tepat, tidak hanya berkaitan dengan sakit kepala.

"Kalau sakit kepala terus tekanan darahnya tinggi kemungkinan bukan karena hipertensi. Tapi kalau tekanan darah tinggi terus sakit kepala ya benar, setiap keadaan tidak nyaman kan bisa timbul sakit kepala," jelasnya.

Pada hipertensi, sakit kepala hanya berperan sebesar 5 persen. Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang tidak bergejala atau tidak ada tanda-tanda sama sekali. Sebab itulah hipertensi disebut sebagai silent killer.

(wdw/up)