Sabtu, 23 Feb 2019 16:45 WIB

Usia Belum 40, Berapa Kali Sebaiknya Lakukan Medical Check Up?

Akfa Nasrulhaq - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jika seseorang telah menginjak usia 40 tahun, dari perspektif medis usia tersebut sudah menjadi hal yang sifatnya sangat dianjurkan untuk memeriksakan kualitas kesehatannya secara rutin. Pasalnya, di usia tersebut, kondisi fisik seseorang mengalami penurunan drastis.

Tapi, sebelum seserang memasuki usia tersebut, bukan berarti tak perlu memeriksakan kesehatan secara rutin. Namun, seberapa seringkah seseorang harus melakuka pemeriksaan kesehatan atau medical check up (MCU) sebelum usia 40 tahun?

Menurut dr. Maria dewi indrawati, Quality Service Manager di salah satu RS di Tangerang, mengatakan jika seseorang belum belum berusia 40 tahun, sebaiknya melakukan MCU sekali dalam setahun. Hal itu menjadi langkah pencegahan jika memang ada suatu penyakit tertentu, agar bisa terdeteksi sejak dini.

"MCU kalau kita kurang dari (usia) 40, (dilakukan) setahun sekali. Kalau lebih tua, lebih sering, atau pernah terkena penyakit kayak diabetes, harus lebih sering. Sekarang arahnya preventif, secara cost juga lebih terjangkau mencegah penyakit katastopic," ujar dr. Maria saat acara peluncuran 'Layanan Eksklusif AXA Mandiri' di Jakarta baru-baru ini.


Adapun untuk seseorang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, dr Maria menyarankan agar lebih sering melakukan MCU, sekitar 3 bulan atau 6 bulan sekali.

"Untuk kontrol itu 3 bulan sekali, atau 6 bulan sekali, itu tergntung dari Faktor risikonya. Tapi kalau kita tidak punya faktor resiko, itu 1 tahun sekali dianjurkan medical check up," ujarnya.

dr. Maria menambahkan, jenis tes yang dilakukan dalam MCU untuk seseorang yang telah berusia di atas 40, tergantung dari jenis kelamin. Biasanya, bagi pria lebih pada tes penyakit jantung dan prostat, sedangkan bagi wanita tes untuk penyakit kanker payudara dan rahim.

Oleh karenanya, dengan melakukan MCU secara rutin, dan menjaga kesehatan sejak dini, akan menjadikan investasi kesehatan yang lebih baik di masa datang. Apalagi, saat ini telah ada layanan eksklusif dari salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, AXA Mandiri. Layanan yang di kedepankan oleh AXA saat ini semakin memperhatikan kebutuhan pasien, seperti dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online.

(idr/up)
News Feed