Senin, 25 Feb 2019 17:10 WIB

Agar Marquez Dkk Tak Diganggu Rabies, Semua Anjing di NTB Akan Divaksin

Rosmha Widiyani - detikHealth
Agar Marc Marquez dkk tidak terganggu rabies, Menkes menyarankan semua anjing di NTB divaksin. Foto: Lai Seng Sin/Reuters Agar Marc Marquez dkk tidak terganggu rabies, Menkes menyarankan semua anjing di NTB divaksin. Foto: Lai Seng Sin/Reuters
Jakarta - Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP Indonesia. Menteri Kesehatan Nila Moeloek memberi perhatian khusus soal Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies di beberapa wilayah NTB.

Menkes berpesan pada pemilik anjing untuk menjaga kesehatan peliharaannya. Salah satunya dengan memberi vaksin anti rabies (VaR), yang bisa diperoleh di pusat pelayanan kesehatan hewan.

"Rabies ini nggak di seluruh NTB, hanya ada di Dompu dan Sumbawa bukan Mandalika. Karena itu, saya titip pada yang punya anjing supaya hewan peliharannya harus divaksin," kata Menkes Nila pada Senin (24/2/2019).



Data Kementerian Kesehatan menyatakan, hingga kini rabies hanya ditemukan di dua kabupaten tersebut yang terletak di Pulau Sumbawa. Wilayah lain, termasuk Mandalika, yang terletak di Pulau Lombok tidak mengalami KLB rabies. Nila mengatakan, pemberian vaksin memungkinkan wilayah yang bebas rabies tidak mengalami perubahan status.

NTB sebelumnya adalah wilayah yang bebas rabies. Namun wilayahnya dikelilingi propinsi lain yang belum bebas rabies misal Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Anjing yang masuk dari wilayah inilah yang diduga menyebabkan NTB mengalami KLB rabies.

(up/up)