Selasa, 26 Feb 2019 08:34 WIB

Bakal Jadi Tuan Rumah MotoGP, Kemenkes Tegaskan Mandalika Bebas Rabies

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Kasus rabies yang terjangkit di Kabupaten Sumbawa dan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai saat ini masih dinyatakan KLB (Kejadian Luar Biasa) oleh dinas kesehatan setempat.

Namun untuk wilayah lain yang berada di sekitarnya, sudah dilakukan berbagai upaya pencegahan penularan. Oleh karenanya, beberapa daerah, termasuk Mandalika, masih bebas dari rabies.

"Mandalika saat ini belum ditemukan kasus rabies positif baik di hewan maupun di manusia," kata Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.



Vaksinasi anjing dan manusia pun sudah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan agar wilayah yang bebas rabies tidak ikut tertular. Juga bagi para pemilik anjing dianjurkan untuk segera memberi vaksin anti rabies pada peliharaannya.

"Jika upaya pencegahan rabies pada hewan penular rabies tidak dilaksanakan dengan baik, misalnya dengan vaksinasi rabies pada hewan dan pengawasan lalu lintas hewan, maka penyebaran rabies dapat meluas ke daerah lain," tambahnya.

Mandalika di NTB akan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP Indonesia. Berbagai sarana dan fasilitas sirkuit tengah disiapkan.

(kna/up)