Rabu, 27 Feb 2019 07:43 WIB

Pernahkah Merasa Geli Sampai Terbatuk Saat Korek-korek Kuping?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Osvaldo Vaay merayakan gol kemenangan dengan... korek-korek kuping?! (Foto: Antara Foto) Osvaldo Vaay merayakan gol kemenangan dengan... korek-korek kuping?! (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Oleh dokter, kebiasaan korek-korek kuping sebenarnya kurang dianjurkan karena berisiko merusak gendang telinga. Tapi tak bisa dipungkiri, banyak sekali yang suka melakukannya.

Nah, salah satu yang kerap dikeluhkan saat korek-korek kuping atau telinga adalah sensasi geli di telinga. Bahkan terkadang tidak hanya di telinga, sensasi tersebut menjalar ke seluruh isi kepala sehingga tak jarang ada yang terbatuk karenanya.

Rongga telinga memang memiliki banyak sensor saraf yang sangat sensitif ketika bersentuhan dengan benda asing. Korek kuping termasuk di antaranya.

Tetapi reaksi ketika korek-korek kuping tidak selalu sama pada masing-masing orang. Survei yang dilakukan detikHealth menunjukkan, batuk bukan satu-satunya refleks yang muncul saat seseorang korek-korek kuping. Sebagian orang merespons sensasi geli itu dengan merem-melek, sebagian lagi bahkan sampai melet-melet.



Nah kamu biasanya mengalami refleks apa nih saat korek-korek kuping? Vote di sini ya, atau ceritakan saja di kolom komentar!



(up/fds)
News Feed