Rabu, 27 Feb 2019 16:31 WIB

Vanessa Angel Kena Sinusitis, Kenali Gejalanya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vanessa Angel mengidap sinusitis (Foto: Istimewa) Vanessa Angel mengidap sinusitis (Foto: Istimewa)
Jakarta - Vanessa Angel kembali sakit saat berada dalam tahanan Polda Jatim. Dikutip dari detikNews, sinus yang diderita artis 27 tahun tersebut kembali kambuh.

"Dua hari yang lalu saya jenguk, dia kan sakit. Memang sakit beneran sakit sinusitis. Sakit bawaan sebelum ada masalah ini," kata pengacara Vanessa Rahmat Santoso, Rabu (27/2/2019).



Dikutip dari Health Line, sinusitis atau rhinosinusitis dalam bahasa medis adalah peradangan pada jaringan sinus. Jaringan ini adalah rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara dalam tulang tengkorak.
Jaringan sinus yang sehat berisi udara, namun yang mengalami peradangan berisi cairan.

Sinus sebetulnya ada yang bersifat akut dan kronis. Secara umum, gejala sinusitis adalah rongga hidung yang tersumbat hingga sulit bernapas. Bersin dan volume cairan dalam hidung yang terus bertambah. Selain itu adalah rasa pusing, bersin, dan jaringan sinus yang terlihat membengkak.

Pusing paling berat pada penderita sinus biasanya dialami pada pagi hari. Kondisi ini diakibatkan tumpukan cairan sepanjang malam pada rongga hidung yang menghalangi pernapasan. Pusing juga terasa makin parah saat tekanan di lingkungan sekitar berubah seketika.


Gejala sinus kadang disertai peningkatan suhu tubuh meski tidak terlalu besar. Kondisi ini sebetulnya bisa diatasi dengan obat-obatan yang tersedia di apotik atau semprotan hidung. Namun untuk pengobatan dan perawatan yang lebih baik sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.



Vanessa Angel Kena Sinusitis, Kenali Gejalanya
(up/up)