Rabu, 27 Feb 2019 18:42 WIB

Majikannya Pingsan, Anjing Ini Datang Bawa Ambulans

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi anjing memandu ambulans. Foto: (Thinkstock) Ilustrasi anjing memandu ambulans. Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Aksi seekor anjing memancing simpati warganet dalam situs berita video Pear dan media sosial Weibo. Dikutip dari Daily Mail, anjing jenis Golden Retriever tersebut memandu ambulans menuju pemiliknya yang pingsan.

"Anjing itu beberapa kali menoleh ke belakang. Setelah yakin kami mengikutinya, si anjing mulai berjalan lebih cepat hingga akhirnya berlari," ujar salah satu petugas paramedis Jiang Xu.


Pemilik anjing yang tak disebutkan namanya ditemukan pingsan di suatu jalan kecil. Lokasi pingsan terletak di Yuncheng, Provinsi Shanxi di China Utara. Warga yang menemukan sosok lelaki tersebut lantas memanggil ambulans.

Sebuah rekaman video menunjukkan seekor anjing loyal yang sedang menunggu ambulans di tengah jalan. Anjing yang mengenali ambulans kemudian mengajak petugas paramedis mengikutinya. Anjing itulah yang mengantarkan ambulans pada pemiliknya yang tengah dikerumuni masyarakat.

Jiang mengatakan, pemilik anjing pingsan saat sedang mengumpulkan botol bekas di lingkungan tersebut. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Pemilik saat ini menjalani perawatan di rumah sakit terdekat ditemani anak laki-lakinya.

Sebelumnya pada Agustus 2018, seekor anjing juga menunjukkan kesetiaan pada pemiliknya. Anjing tersebut menolak meninggalkan pemiliknya yang pingsan di jalanan Provinsi Heilongjiang, China Utara. Tindakannya memaksa paramedis memberikan pengecualian, sehingga anjing tersebut bisa menemani pemiliknya di ambulans.

(Rosmha Widiyani/up)