Rabu, 27 Feb 2019 19:00 WIB

Manfaat Menikah bagi Kesehatan, Salah Satunya Jadi Makin Kuat

Rosmha Widiyani - detikHealth
Syahrini dan Reino Barack. Foto: Syahrini dan Reino Syahrini dan Reino Barack. Foto: Syahrini dan Reino
Jakarta - Setelah resmi menjadi suami istri, Reino Barack akhirnya mencium kening Syahrini. Dikutip dari detikHot, hal tersebut diketahui lewat Instagram Stories fansbase Syahrini dan Reino Barack.

Pasangan Reino-Syahrini dikabarkan menikah di Masjid Camii, Tokyo Jepang. Pernikahan keduanya yang tertutup justru mengundang rasa penasaan warganet.

Dikutip dari Telegraph, pernikahan tak hanya membuat pasangan makin sehat. Penyatuan karakter yang berbeda ternyata membuat keduanya makin kuat. Berikut penjelasannya:



1. Kuat fisik

Dalam riset ini, wanita yang bercerai ternyata memiliki genggaman tangan yang lemah. Peneliti yakin perceraian telah menurunkan kesehatan pasangan. Riset dilakukan di University College London terhadap 20 ribu orang yang berusia lebih dari 60 tahun di Amerika dan Inggris.

"Saya tidak tahu apakah orang yang lebih sehat cenderung menikah, atau pernikahan yang membantu promosi pola hidup sehat," kata pimpinan riset Natasha wood.

2. Kuat menahan sakit

Riset ini sempat dilakukan pada 2011 pada pasangan, yang salah satunya mengalami prosedur medis invasif. Dalam riset tersebut, dukungan pasangan memungkinkan pasien melewati tahap operasi hingga pemulihan. Pasangan yang bahagia berpeluang 3 kali lebih besar masih hidup usai operasi besar hingga 15 tahun kemudian.

"Ada sesuatu dalam pernikahan yang membantu orang menjalani proses kesembuhan. Kepuasan pernikahan sama pentingnya dengan faktor risiko misal penggunaan tembakau, obesitas, dan tekanan darah tinggi yang bisa menggagalkan operasi," kata peneliti Kathleen King dari University of Rochester.


3. Kuat Mental

Kehidupan pernikahan tidak selamanya menyenangkan. Kadang hal sederhana misal ngorok bisa memancing rasa marah hingga terjadi pertengkaran. Mereka yang menikah harus kuat mental untuk menekan rasa merah kepada pasangan.

Pernikahan juga membantu seseorang lebih kuat mental supaya tidak terjerumus dalam perilaku berisiko, misal penyalahgunaan obat atau ngebut di jalan. Dalam riset yang dilakukan Christopher Fagundes dari Ohio State University hal ini terkait dengan rasa tanggung jawab. Mereka yang sudah menikah merasa punya kewajiban, sehingga harus berada dalam kondisi terbaik untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya