Kamis, 28 Feb 2019 08:35 WIB

Di Balik RI Juara Piala AFF, Ada Curhat Pacar Soal Pecah Bisul di Kaki

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada cerita perjuangan dengan bisul di balik kemenangan Timnas U-22. (Foto: Nyoman Budhiana/Antara Foto) Ada cerita perjuangan dengan bisul di balik kemenangan Timnas U-22. (Foto: Nyoman Budhiana/Antara Foto)
Jakarta - Timnas Indonesia U-22 menyabet Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh, Kamboja. Ungkapan syukur pun disampaikan dari banyak kalangan mulai dari para atlit yang tergabung dalam skuat tersebut dan seluruh masyarakat Indonesia.

Bangga? Sangat dong! Sampai-sampai hal ini membuat Rismahani, kekasih dari gelandang muda Witan Sulaiman menuliskan kata-kata yang ditujukan untuk Witan. Menurutnya, banyak sekali perjuangan yang dilakukan oleh Witan untuk mengharumkan nama Tanah Air. Sampai-sampai pernah mengalami bisul yang pecah, loh.

"Hey, congratulations !
This is the first time for him & me too, akhirnya yaaAllah
Ini akan berlalu,
Ima tau capeknya witan tiap habis latihan, marahnya witan klu berat badannya naik, beratnya bangun jam 5 subuh, harus bangun solat biar sementara tidur, harus bisa tamat ngajinya sebelum aff, bisul dikakinya pecah, khawatirnya ima klu witan jatuh, dann semua yg terjadi selama aff, ini hasilnya
Liat Indonesia bangga, Orang tua,Witan,Ima,semuanyaa Thank you Witan,
For my hard working boyy,
U go for it my love!!
(Cambodia, 26 Feb 2019)," tulis Risma.



Wah, kalau pernah mengalami bisul yang pecah itu rasanya sakit banget, loh! Sebenarnya bisul itu apa sih dan apa pencetusnya?

Dijelaskan oleh dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala dari RS Permata Depok, bisul disebut juga foliculitis, carbuncle dan furuncle. Ini merupakan suatu kumpulan nanah yang terakumulasi dan mengumpul pada rongga-rongga jaringan setelah mengalami infeksi terhadap sesuatu.

"Bisul ini ditandai dengan kulit memerah dan kadang mengeluarkan nanah," imbuhnya.

Bisul biasa muncul di area yang ditumbuhi rambut akibat adanya infeksi bakteri pada folikel rambut. Faktor risiko terjadinya bisul erat dikaitkan dengan kebersihan tubuh. Bakteri biasanya akan mudah memasuki pori-pori dan menginfeksi folikel rambut.




Tonton juga video 'Bukan Juara AFF, Ini Target Timnas U-22 Sesungguhnya':

[Gambas:Video 20detik]


Di Balik RI Juara Piala AFF, Ada Curhat Pacar Soal Pecah Bisul di Kaki
(ask/up)