Kamis, 28 Feb 2019 18:37 WIB

Ngeri! Ini yang Terjadi Saat Trigliserida dalam Darah Terlalu Tinggi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Lemak darah yang terlalu tinggi berhubungan dengan risiko masalah jantung (Foto: Thinkstock) Lemak darah yang terlalu tinggi berhubungan dengan risiko masalah jantung (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria masuk unit gawat darurat sebuah rumah sakit dengan kondisi lemak darah sangat tinggi. Dokter mengeluarkan darah dan menemukan sesuatu yang mencengangkan.

Tidak hanya kental oleh lemak, darah pasien juga memiliki warna yang tidak lazim.

"Kadar trigliseridanya sangat tinggi sehingga darah pasien berwarna putih susu," tulis tim dokter dari University Hospital of Cologne di Jerman yang melaporkan kasus tersebut di jurnal Annals og Internal Medicine, dikutip dari Livescience.

Pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar lemak yang luar biasa tinggi dalam darah pasien. Lemak trigliserida tercatat 14.000 mg/dL, sementara kadar normalnya hanya 150 mg/dL. Di atas 500 mg/dL sebenarnya sudah dikategorikan sangat tinggi.

Kadar trigliserida yang sangat tinggi bisa menyebabkan radang pada pakreas atau disebut pankreatitis. Pasien mengalami peningkatan kadar enzim pankreas yang merupakan tanda-tanda yang mengarah pada kondisi serius tersebut.


Ngeri! Ini yang Terjadi Saat Trigliserida dalam Darah Terlalu TinggiFoto: Copyright © 2019 American College of Physicians


Pasien yang juga memiliki riwayat diabetes ini juga dilaporkan mengalami ketoasodisis diabetik, yakni komplikasi diabetes yang menyebabkan tubuh memecah lemak dengan sangat cepat sehingga terjadi penumpukan asam dalam darah yang disebut keton.

Pada kondisi trigliserida sangat tinggi, dokter bisa menggunakan mesin plasmapheresis untuk memfilter lemak darah. Tapi dalam kasus ini, kadarnya terlalu ekstrem sehingga mesin tidak berfungsi dan sebagian darah harus dikeluarkan terlebih dahulu.

(up/kna)
News Feed