Jumat, 01 Mar 2019 04:37 WIB

Suka Korek-korek Kuping? Kenali 4 Jenis Kotoran Telinga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dokter menyebut ada 4 jenis kotoran telinga (Foto: iStock) Dokter menyebut ada 4 jenis kotoran telinga (Foto: iStock)
Jakarta - Nggak ada salahnya membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud, tapi hanya kalau terasa gatal dan mengganggu. Tapi harus ingat, sebelum mengorek telinga, harus tahu dulu jenis kotorannya biar nggak terjadi iritasi.

"Kotoran telinga ada 4 jenis, normal, kering, padat tapi lembek dan padat tapi keras. Jadi sebelum di korek, harus kenali dulu jenis kotorannya yang mana," tutur spesialis THT dari RS Pondok Indah, dr Hably Warganegara, SpTHT-KL, saat ditemui detikHealth belum lama ini.

dr Hably mengimbau kalau membersihkan kotoran yang padat dan keras harus hati-hati karena akan terdorong ke dalam. Jika jenisnya kering, kadang-kadang nggak dapet jadi pakai baby oil atau minyak.



"Kalau normal bisa keluar sendiri. Karena kadang orang suka sugesti, tiap habis mandi harus dibersihin akhirnya jadi luka," tambahnya.

Karena kulit di area telinga sangat sensitif, maka membersihkannya jangan berkali-kali. Cukup sekali dalam jangka waktu beberapa bulan saja. Untuk jenis kotoran padat pun lebih dianjurkan tidak membersihkan sendiri.

"Ketika kelupas dan dibersihin lagi jadinya infeksi. Harus dikenali dulu jenis kotorannya apa. Tapi karena dokter THT nggak mau ambil risiko, tetap nggak dianjurkan karena takutnya akan luka dan infeksi," pungkasnya.


Suka Korek-korek Kuping? Kenali 4 Jenis Kotoran Telinga
(kna/up)
News Feed