Jumat, 01 Mar 2019 10:15 WIB

Implan Bokong Ternyata Bisa Berkaitan dengan Kanker Darah Langka

Firdaus Anwar - detikHealth
Implan bokong ternyata berkaitan juga dengan kanker (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sebuah studi dalam jurnal Aesthetic Surgery untuk pertama kalinya menemukan kaitan antara implan bokong dengan jenis kanker darah langka anaplastic large cell lymphoma (ALCL). Hal ini diketahui setelah peneliti memeriksa kasus seorang wanita dengan ALCL yang sebelumnya menjalani implan bokong.

"Sayangnya kondisi pasien memburuk sebelum kami bisa menjelaskan sesuatu," tulis peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (1/3/2019).



Dijelaskan bahwa wanita berusia 49 tahun tersebut menjalani implan tekstur satu tahun sebelum terdiagnosa dengan kanker. Dokter menemukan ada memar di kulit sekitar implan dan hasil pemeriksaan menunjukkan implan dikelilingi cairan.

Kanker kemudian menyebar ke paru-paru sang wanita. Tes biopsi mengkonfirmasi bahwa tumor di paru-paru sang wanita punya tanda ALCL dan meski sudah diobati dengan kemoterapi yang ganas ia meninggal beberapa bulan kemudian.

Studi sebelumnya sudah pernah menemukan kalau jenis implan yang sama berkaitan juga dengan kanker payudara. Kebanyakan kasus kanker muncul sekitar 10 tahun setelah seorang pasien menjalani implan.

"Kasus ini mendemonstrasikan bahwa banyak implan bertekstur bisa jadi faktor risiko untuk ALCL," tulis peneliti.




Tonton juga video Sekilas, Mengenal Kanker Darah yang Diderita Bu Ani:

[Gambas:Video 20detik]


Implan Bokong Ternyata Bisa Berkaitan dengan Kanker Darah Langka
(fds/up)