Minggu, 03 Mar 2019 09:03 WIB

Cari Teman, Jurus Coach Inge Biar Nggak Males Gerak

Roshma Widiyani - detikHealth
'Jurus' Inge Anugrah biar enggak malas beraktivitas. Foto: Instagram
Jakarta - Males gerak akibat padatnya aktivitas sering menjadi alasan generasi sekarang tidak olahraga. Padahal, olahraga adalah salah satu pola sehat selain rutin makan sayur, buah, dan tidak merokok.

Menanggapi kecenderungan ini, praktisi kebugaran Inge Anugrah menyarankan mencari teman dengan motivasi sehat yang sama. Jalinan pertemanan bisa menjadi kompor untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Inge sendiri sudah 1 tahun ini menjalankan Komunitas Mari Gerak (Mager).

"Kita memang ingin anggota komunitas bisa menjadi kompor positif bagi teman-temannya. Beberapa ternyata menjadi teman baik yang melakukan suati kegiatan barengan misal nyobain gym baru. Adanya teman mencegah motivasi sehat come and go," ujar Coach Inge, demikian sapaannya, ditemui detikHealth baru-baru ini.


Komunitas Mager kini sudah berumur 1 tahun tepat pada Januari. Selain menjaga motivasi, Inge juga ingin mengubah sesuatu yang sebetulnya baik namun berkesan buruk. Misal konsumsi karbohidrat yang dianggap musuh saat ingin menurunkan berat badan. Karbohidrat tetap dikonsumsi namun dengan porsi secukupnya. Gula sederhana ini adalah sumber energi utama yang menjaga fungsi otak dan tubuh.

Untuk olahraga, Komunitas Mager tidak fokus pada 1 jenis kegiatan fisik. Inge mengatakan, latihan yang dilakukan tiap sabtu bersifat total body. Tujuannya adalah memperoleh manfaat olahraga maksimal dengan waktu terbatas. Kegiatan kemudian diunggah ke Instagram dan YouTube. Selain olahraga, komunitas juga membuka live Intagram tiap Sabtu jam 8 pagi. Untuk live chat biasanya dilakukan hari Rabu pagi.

Dengan adanya komunitas ini, Inge berharap tidak ada lagi alasan menunda atau malas olahraga. Seiring usia, kesehatan dan risiko terserang berbagai penyakit makin tinggi. Risiko hanya bisa diantisipasi dengan rajin olahraga sejak dini.

(up/up)