Minggu, 03 Mar 2019 19:28 WIB

Bobok, Besok Senin! Ini 5 Tips Supaya Tidur Lebih Cepat

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kurang tidur bisa membuat otak susah fokus keesokan paginya (Foto: Thinkstock) Kurang tidur bisa membuat otak susah fokus keesokan paginya (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tidur, tidur, besok sudah Senin, loh! Apalagi kalau kamu sudah harus pagi-pagi buta, pastikan kamu tidur dengan cukup.

Tidur yang yang cukup bisa membuat seseorang tetap fokus dalam menjalani hari, mood juga jadi lebih baik. Kalau kamu susah untuk membiasakan tidur lebih cepat, tenang, coba ikuti trik dan tips yang sudah detikHealth rangkum dari Huffington Post. Semoga berhasil ya!



1. Umpetin deh jam kamu!

Karena gelisah takut enggak bisa tidur cepat malam ini, kamu malah jadi terpaku memandangi jam yang terus berdenting di atas meja tidurmu. Makanya, mending kamu umpetin deh jamnya. Dengan terus-terus mengecek jam, kamu malah makin meningkatkan tingkat stres, dan membuat kamu jadi makin sulit untuk memerintahkan sistem saraf agar tertidur.

"Jika kamu menatap jam, itu meningkatkan stres dan khawatir tidak tertidur," kata Lisa Meltzer, sarjana pendidikan National Sleep Foundation dan profesor pediatrik di National Jewish Health, Denver.

2. Sudah pakai kaus kaki?

Siapa nih yang suka pakai kaus kaki untuk tidur? Pasti kamu tidurnya cepet kan!

Soalnya, para peneliti dari sebuah studi di Swiss yang diterbitkan dalam jurnal Nature mengamati bahwa kaki dan tangan yang hangat adalah prediktor terbaik dari tidur cepat. Dalam studi tersebut, peserta menempatkan botol air panas di kaki mereka, yang memperlebar pembuluh darah di permukaan kulit. Mengalihkan aliran darah dari core ke ekstremitas bisa membantu mendinginkan tubuh, bersamaan dengan melatonin.



3. Gunakan aromaterapi kalau ada

Tidak hanya aroma lavender yang indah, tetapi aroma bungan ini juga dapat melemaskan saraf, menurunkan tekanan darah, dan membuat seseorang merasa lebih santaoi Sebuah studi tahun 2005 di Wesleyan University menemukan bahwa subjek yang menghirup minyak lavender selama dua menit, dalam jangka 10 menit sebelum waktu tidur meningkatkan jumlah tidur nyenyak mereka dan merasa lebih kuat di pagi hari.

"Beberapa orang merespons aroma dengan sangat baik," ujar Meltzer. "Jika mereka menarik napas dalam-dalam, itu dapat membantu mereka menjernihkan pikiran mereka. Juga, jika itu bagian dari rutinitas sebelum tidur, itu mungkin rahasianya. "

4. Udah dingin belum kamarmu?

Tahukah kamu suhu tubuh internalmu merupakan bagian integral dari pengaturan jam biologis tubuh? Ketika kamu tertidur, suhu tubuh kamu turun sedikit, yang menurut beberapa ahli benar-benar membantu prosesnya, menurut Harvard Medical School.

"Rahasianya adalah kamar tidur yang sejuk, gelap, dan nyaman," tutur Meltzer. Ya enggak perlu semengigil Jepang pas musim gugur, yang pasti cukup adem untuk bikin kamu terlelap.

"Kegelapan adalah isyarat otak untuk membuat melatonin, yang memberi tahu jam interiormu bahwa sudah waktunya untuk tidur. Melatonin mendinginkan suhu tubuh internal, yang mencapai titik terendah antara 2 dan 4 pagi."

5. Bayangkan hal-hal indah

Daripada menghitung domba, bayangkan lingkungan yang membuatmu merasa tenang dan bahagia. Kunci kesuksesan adalah memikirkan adegan yang cukup menarik untuk mengalihkan perhatian dari pikiran dan kekhawatiran untuk sementara waktu.

Dalam sebuah studi Universitas Oxford yang diterbitkan dalam jurnal Behavior Research and Therapy, pasien insomnia yang diperintahkan untuk membayangkan adegan santai, seperti pantai atau air terjun, tertidur 20 menit lebih cepat daripada orang dengan insomnia yang diminta menghitung domba atau tidak melakukan aktivitas khusus apapun.

"Sebagai orang dewasa, menemukan cara untuk mengelola stres bisa susah, tetapi ini sangat penting," ungkap Meltzer.

(ask/up)