Minggu, 03 Mar 2019 20:47 WIB

Sandy Tumiwa Terjerat Sabu, Butuh Berapa Lama untuk Rehabilitasi?

Ro - detikHealth
Aktor Sandy Tumiwa terjerat sabu (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom) Aktor Sandy Tumiwa terjerat sabu (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Penyalahgunaan sabu seolah sangat sulit diberantas. Setelah aktor Sandy Tumiwa tertangkap karena mengonsumsi Sabtu, baru-baru ini 2 anggota TNI ditangkap diduga bawa sabu di Bandara Soekarno-Hatta.

Pelaku penyalahgunaan narkoba, selain berhadapan dengan hukum, juga akan berhadapan dengan proses rehabilitasi. Menurut peneliti dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction (IMAN) lamanya proses rehabilitasi tidak bisa diperkirakan. Beberapa faktor yang menentukan durasi proses adalah kondisi lingkungan dan psikologis pengguna.

"Pada beberapa kasus pengguna yang cenderung depresi, narkoba ternyata digunakan untuk mengobati diri sendiri. Artinya, jika dia merasa tidak nyaman langsung konsumsi narkoba. Proses rehabilitasi penggunaan narkoba yang sudah jadi kebiasaan ini tidak bisa singkat," kata dr Hari pada detikHealth.



Proses rehabilitasi tak hanya mengeluarkan dampak buruk (detoksifikasi) akibat penggunaan narkoba. Proses ini juga membantu pemulihan kondisi emosi dan jiwa pengguna yang mengakibatkannya terjerat narkoba. Termasuk keberanian melepaskan diri dari tekanan atau contoh lingkungan sekitar yang menggunakan narkoba.

Terkait kondisi psikologis, dr Hari menjelaskan ada 2 faktor yang menyebabkan seseorang menggunakan narkoba. Mereka umumnya ingin feel good dan feel better dengan mengonsumsi narkoba. Pengguna yang ingin feel better biasanya sudah punya masalah hingga akhirnya kecanduan narkoba.

(up/up)
News Feed