Senin, 04 Mar 2019 05:10 WIB

Alasan Kenapa Tidak Boleh Langsung Membasuh Muka di Shower

Ayunda Septiani - detikHealth
Mandi dengan air panas bisa merusak kulit bila tidak hati-hati (Foto: iStock)
Jakarta - Buat kamu yang biasa mandi pakai shower, ada baiknya meluangkan waktu membaca tips berikut. Langsung membasuh muka saat mandi ternyata kurang dianjurkan.

Dikutip dari Reader's Digest, alasan utama untuk tidak mencuci muka saat mandi adalah karena orang-orang biasanya menggunakan banyak air panas. Menurut Benjamin Garden, MD, seorang dokter kulit dari Chicago, langsung membasuh muka dengan air panas bisa merusak kulit.

"Rasanya begitu enak di hari musim dingin atau setelah latihan yang berat, tetapi air panas itu sangat merusak dan mengiritasi kulit kita," jelasnya.



Air panas melarutkan dan menyapu minyak alami pada kulit, kata Dr Garden. Dan semakin panas airnya, semakin banyak pengeringannya. Ditambah lagi, terlalu banyak air panas pada wajah dari waktu ke waktu juga dapat menghasilkan kelebihan pigmen atau pewarna pada kulit. Ia merekomendasikan orang-orang yang rentan terhadap perubahan warna untuk menghindari terlalu banyak air panas di wajah.

Jadi, jika kamu masih sering menghadapkan wajahmu langsung ke shower saat mandi, sebaiknya mulai dihindari. Lebih baik hadapkan shower ke belakang kepalamu. Dan untuk membasuh wajah sebaiknya melalui keran.



Tahukah Kamu Jika Sering Mencuci Muka Dapat Berakibat Buruk? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)