Senin, 04 Mar 2019 09:00 WIB

Sarapan Apa Pagi Ini? Biasakan Bikin 'Diary' Makan Bila Punya Alergi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi menulis diary makan. Foto: Thinkstock Ilustrasi menulis 'diary' makan. Foto: Thinkstock
Jakarta - 'Dear diary' ternyata nggak cuma ditulis pas lagi galau. Kebiasaan isi diary juga harus dilakukan bila merasakan reaksi usai konsumsi makanan tertentu mulai dari sakit perut, gatal, hingga sesak napas. Pengalaman usai makan bisa menentukan reaksi ini sebagai alergi atau gangguan pencernaan (maldigestif).

"Food diary akan membantu diagnosa alergi atau maldigestif. Reaksi alergi akan muncul tiap kali makan hidangan tertentu, terlepas dari kondisi tubuh dan lingkungan saat itu. Sedangkan reaksi maldigestif bergantung pada keadaan tubuh dan lingkungan misal stres, perubahan cuaca, atau penurunan kondisi tubuh," kata dokter keluarga praktisi kedokteran fungsional, dr Novi Arifiani, MKK, Dipl, ABRAAM, dari Komunitas Autoimun Indonesia.



Riwayat makan bisa menjadi bahan konsultasi ke dokter bila reaksi usai makan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari. Dokter akan mendiagnosa dan memberi pengobatan yang tepat sesuai kondisi pasien. Alergi biasanya disarankan untuk menghindari makanan tersebut karena berisiko bagi kesehatan dan keselamatan pasien.

Sementara, reaksi yang diakibatkan maldigestif tak perlu menghindari makanan tertentu. Menurut dr Novi, reaksi bisa ditekan dengan mengintervensi penyebab maldigestif. Misal meredakan stres, mengonsumsi probiotik, memperbaiki pola makan, atau minum yoghurt untuk menyeimbangkan flora dalam saluran pencernaan.

Bagi masyarakat awam, penting untuk mengetahui reaksi tubuhnya adalah alergi atau maldigestif. Pengetahuan memungkinkan tindak pencegahan dengan tidak makan asupan pencetus alergi. Kondisi Indonesia berbeda dengan negara maju yang lebih siap menghadapi reaksi alergi salah satunya shock anafilatik. Menurut dr Novi berbagai restoran di negara maju telah menyiapkan suntikan epinefrin, untuk mengatasi reaksi penurunan tekanan darah dan tertutupnya saluran napas pada pengunjung yang ternyata mengalami alergi.

(up/up)
News Feed