Senin, 04 Mar 2019 11:23 WIB

Pertolongan Pertama Jika Telinga Kemasukan Air

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Telinga sering kemasukan air saat berenang. (Foto: iStock) Telinga sering kemasukan air saat berenang. (Foto: iStock)
Jakarta - Kadang kita tidak menyadari ketika air masuk ke dalam telinga yang menyebabkan telinga kita terasa tersumbat. Sensasinya tentu nggak menyenangkan. Nah, kalau sudah seperti ini apa ya yang harus dilakukan?

"Telinga kan itu bentuknya ada yang belok atau berlekuk-lekuk. Nah ada air yang terperangkap dan nggak bisa keluar jadi harus dipancing pakai air buat ngangkut," tutur spesialis THT dari RS Pondok Indah, dr Hably Warnagegara, SpTHT-KL, saat dijumpai detikHealth beberapa waktu lalu.



Telinga kemasukan air bisa terjadi tiba-tiba, misalnya saat mandi atau berenang. Harus diperhatikan juga jika terasa nyeri ketika air masuk ke telinga karena bisa saja ada kotoran yang menumpuk.

Bisa juga ketutup karena ada kotoran. Jadi kalau kotorannya kena air jadi mengembang, makin ketutup. Kalau dimasukin air ya sama aja," tambahnya.

Jika muncul cairan atau terasa sakit saat mengunyah ketika air masuk ke telinga dan tidak terasa membaik setelah dua hari ada baiknya mengunjungi dokter. Sebab, ditakutkan memang terjadi infeksi yang bisa merusak fungsi telinga.

(kna/up)
News Feed