Senin, 04 Mar 2019 13:48 WIB

Ibunda Mikha Tambayong Idap Sjogren Syndrome, Kenali Penyebabnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ibunda Mikha Tambayong mengidap penyakit autoimun Sjogren Syndrome (Foto: Instagram @miktambayong) Ibunda Mikha Tambayong mengidap penyakit autoimun Sjogren Syndrome (Foto: Instagram @miktambayong)
Jakarta - Deva Malaihollo, ibunda dari penyanyi cantik Mikha Tambayong, meninggal karena mengidap penyakit autoimun yang disebut Sjogren syndrome, yaitu kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Gangguan ini dicirikan oleh dua gejala paling umum, yaitu mata dan mulut kering.

Dikutip dari Web MD, para ilmuwan tidak mengetahui secara jelas apa penyebab pastinya, namun gen disebut-sebut yang berperan dalam meningkatkan risiko dari kondisi ini.

Sementara pemicu munculnya Sjogren syndrome adalah infeksi bakteri atau virus. Dicontohkan dengan seseorang memiliki gen yang rusak terkait dengan Sjogren syndrome kemudian terinfeksi, maka kekebalan tubuhnya bereaksi.



Sel darah putih yang biasanya memimpin serangan terhadap infeksi justru menargetkan sel-sel sehat di kelenjar yang memproduksi air liur dan air mata.

Selain menargetkan kelenjar yang memproduksi air liur dan air mata, Sjogren syndrome juga merusak bagian tubuh lain, seperti sendi, kelenjar tiroid, ginjal, hati, paru, kulit, dan saraf.

Akibatnya, tidak jarang pengidap Sjogren syndrome mengalami komplikasi, misalnya seperti yang diidap Deva Malaihollo yaitu infeksi paru-paru.

"Karena infeksi paru juga beliau jadi susah napas dengan paru-paru," kata kakak sepupu Mikha, Putri Cahyati.

(wdw/up)