Senin, 04 Mar 2019 16:15 WIB

Mereka yang Ditangkap Karena Narkoba: Sandy Tumiwa Hingga Andi Arief

Firdaus Anwar - detikHealth
Andi Arief jadi salah satu tokoh yang terjerat kasus narkoba di tahun 2019. (Foto: tnternet) Andi Arief jadi salah satu tokoh yang terjerat kasus narkoba di tahun 2019. (Foto: tnternet)
Jakarta - Tahun 2019 baru berjalan beberapa bulan namun sudah ramai kabar beberapa tokoh di Indonesia diciduk polisi karena tersandung kasus narkoba. Kasus yang paling terbaru contohnya menimpa Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief.

Saking maraknya narkoba di Indonesia, pemerintah hingga sekarang masih menerapkan status darurat narkoba. Hukuman mati menanti bagi mereka yang terbukti bersalah sebagai bandar.

Nah siapa saja tokoh yang sepanjang tahun 2019 ditangkap polisi karena narkoba? Berikut rangkuman detikHealth dari berbagai sumber.



Mereka yang Ditangkap Karena Narkoba: Sandy Tumiwa Hingga Andi AriefFoto: pool


1. Andi Arief

Tim Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim mengkonfirmasi telah menahan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief. Ia ditangkap di Menara Peninsula Hotel pada Minggu (3/3) dan dilakukan penggeledahan kamar selama kurang lebih 4 jam.

"Ya, benar," kata Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis mengkonfirmasi kabar penangkapan Andi Arief Senin (4/3/2019).

Mereka yang Ditangkap Karena Narkoba: Sandy Tumiwa Hingga Andi AriefFoto: Adhi Indra Prasetya/detikcom


2. Sandy Tumiwa

Aktor Sandy Tumiwa ditangkap polisi pada Jumat (1/3) karena terbukti mengonsumsi narkoba. Dari hasil penangkapan polisi menyita sabu 0,23 gram sebagai barang bukti.

Sandy mengaku dirinya mengonsumsi sabu karena sedang galau menghadapi masalah pribadi. "Lagi galau, urusan pribadi. Cuma ini aja (pakai sabu), kadang-kadang saja," kata Sandy kala itu seperti dikutip dari detiknews.

Mereka yang Ditangkap Karena Narkoba: Sandy Tumiwa Hingga Andi AriefFoto: Wildan/detikcom


3. Caca Duo Molek

Pedangdut Caca Duo Molek juga ditangkap atas kasus penggunaan narkoba jenis sabu pada awal Januari lalu. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono sang pedangdut sudah menggunakan sabu sejak Desember 2018.

"Kita tanya kenapa dia menggunakan narkotika jenis sabu ini, dia sebenarnya tidak mau katanya seperti itu. Jadi dia menggunakannya sejak Desember 2018 lah. Udah menggunakan, terus karena lingkungan, ditawari terus akhirnya jadi menggunakan 'udah saya mencoba'. Masih kita jalanin, udah 3 kali dia membelinya," kata Argo seperti dikutip dari detikHot.

Mereka yang Ditangkap Karena Narkoba: Sandy Tumiwa Hingga Andi AriefFoto: Detikcom


4. Aris Idol

Januarisman Runtuwene atau yang populer disebut Aris Idol ditangkap pada awal Januari 2019 saat berpesta sabu bersama 4 temannya berinisial YSP, AS, AY, dan AM di sebuah apartemen Jakarta Selatan. Polisi menyita sejumlah barang bukti berupa sabu berat bruto 0,23 gram, 1 (satu) unit bong, dan lima ponsel.

"Hasil penuturan, JR ini sudah tiga kali menggunakan narkoba. Dan hasil tes urine kita lakukan terhadap lima tersangka ini hasilnya positif," kata Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Iptu Eddy Suprayitno.

Mereka yang Ditangkap Karena Narkoba: Sandy Tumiwa Hingga Andi AriefFoto: Pradita Utama


5. Steve Emmanuel

Aktor Steve Emmanuel sebetulnya ditangkap pada akhir Desember 2018 lalu, namun kejadiannya masih tetap segar untuk dibahas. Steve diamankan di apartemennya ketika polisi yang curiga menemukan barang bukti berupa kokain seberat 92,04 gram beserta alat hisapnya.

Steve diketahui ternyata membawanya dari Belanda seorang diri dengan berat awal 100 gram.

(fds/up)
News Feed