Senin, 04 Mar 2019 18:43 WIB

Faktor Genetik pada Penyakit Autoimun Seperti Dialami Ibunda Mikha Tambayong

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ibunda Mikha Tambayong meninggal setelah berjuang menghadapi Sjogren Syndrome. (Foto: Ismail/detikHOT) Ibunda Mikha Tambayong meninggal setelah berjuang menghadapi Sjogren Syndrome. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta - Ibunda Mikha Tambayong meninggal pada Minggu (3/3) karena penyakit autoimun, yaitu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Kakak sepupu Mikha, Putri Cahyati mengatakan bahwa ibunda Mikha, Deva Malaihollo mengidap Sjogren Syndrome.

"Sebenarnya sih yang diderita sindromnya namanya Sjogren Syndrome, mungkin sudah banyak orang yang tahu juga itu apa. Jadi itu menyerang kelenjar, menyerang paru-paru, saluran pencernaan," ujar Putri.



Penyakit automimun, termasuk Sjogren Syndrome, adalah gangguan keseimbangan sistem imun yang seharusnya menjaga tubuh. Sistem yang justru menyerang tubuh sendiri ini mengakibatkan terjadinya peradangan (inflamasi). Adanya riwayat penyakit autoimun dalam keluarga tidak mengindikasikan generasi selanjutnya akan mengalami hal yang sama.

"Generasi selanjutnya belum tentu mengalami penyakit autoimun, karena tubuh kita punya mekanisme yang disebut epigenetik. Mekanisme ini mengatur muncul atau tidaknya ekspresi gen yang membawa penyakit autoimun dari generasi sebelumnya," kata dokter keluarga praktisi kedokteran fungsional dr Novi Arifiani MKK Dipl ABRAAM pada detikHealth.

Mekanisme epigenetik memungkinkan munculnya protein, metabolit, atau substansi lain yang dihasilkan dari proses membaca gen termasuk untuk penyakit autoimun. Bila gen yang membawa penyakit autoimun diwariskan namun tidak terbaca atau terekspresikan, maka generasi tersebut tidak mengalami gangguan tersebut.

Keyakinan penyakit autoimun diturunkan berasal dari proses pewarisan gen selama pembuahan. Keturunan yang dihasilkan akan mewarisi gen baik dan buruk yang diperoleh dari orangtuanya. Meski diwariskan, pembacaan dan ekspresi gen bergantung dari mekanisme tubuh.

(up/up)