Senin, 04 Mar 2019 20:23 WIB

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Lho!

Firdaus Anwar - detikHealth
Manfaat cuka apel untuk kesehatan lumayan beragam. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Cuka apel adalah bahan yang umum terbuat dari fermentasi air apel dengan manfaat beragam bisa dipakai sebagai bumbu dapur atau dikonsumsi langsung. Cuka apel yang matang memiliki bau tajam khas dan warna kecoklatan.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan sendiri sudah lama diketahui dan terbukti di beberapa penelitian. Sebagai contoh cuka apel bisa membantu menurunkan kolesterol hingga membantu diet.

Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut manfaat cuka apel untuk kesehatan:



1. Kendalikan gula darah

Gula darah yang tinggi tidak terkendali bisa jadi tanda masalah terutama pada orang-orang dengan diabetes. Nah studi skala kecil melihat untuk hal ini cuka apel dapat bermanfaat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Dipublikasi dalam European Journal of Clinical Nutrition 2015, para peneliti Yunani menemukan orang-orang yang mengonsumsi cuka apel sebelum makan kadar gula darahnya lebih rendah dibandingkan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Hasil analisa studi serupa juga menemukan kalau orang yang mengonsumsi cuka apel selama 8-12 minggu rata-rata kadar gula darahnya bisa lebih rendah.

2. Bantu yang ingin kurus

Studi dipublikasi dalam Journal of Functional Foods 2018 menemukan kalau manfaat cuka apel bisa membantu orang yang sedang diet lebih banyak memangkas bobot badannya. Mereka yang mengonsumsi cuka apel dalam eksperimen rata-rata bisa lebih kurus dibandingkan mereka yang diet tapi tanpa mengonsumsi cuka apel.

Menurut studi lain kemungkinan hal tersebut bisa tercapai karena cuka apel bisa membuat orang-orang jadi lebih tidak nafsu makan.

3. Turunkan kolesterol

Dalam sebuah eksperimen selama 12 minggu pada partisipan dengan diet rendah kalori, peneliti menemukan mereka yang mengonsumsi cuka apel memiliki tingkat kolesterol lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi.

Selain itu peneliti juga menemukan kalau partisipan yang mengonsumsi cuka apel tubuhnya rata-rata memiliki kolesterol baik lebih tinggi.

Studi ini juga dipublikasi dalam Journal of Functional Foods 2018.

4. Antimikroba

Manfaat cuka apel yang lain adalah sifatnya yang asam membuat ia bisa jadi antimikroba yang baik. Beberapa studi membuktikan kalau cuka apel efektif membasmi infeksi fungi Candida dan juga bakteri Staphylococcus.

5. Kesehatan kulit dan rambut

Banyak orang menggunakan cuka apel untuk membilas rambut dan kulitnya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan rambut bebas dari kotoran seperti ketombe dan wajah dari jerawat.

Meski praktik ini umum dilakukan namun masih belum ada studi yang bisa memberi bukti pendukung.

(fds/up)