Rabu, 06 Mar 2019 05:01 WIB

5 Fakta Penting Seputar Ereksi Spontan di Pagi Hari

Ayunda Septiani - detikHealth
Ereksi spontan di pagi hari tak selalu karena rangsang seksual (Foto: iStock) Ereksi spontan di pagi hari tak selalu karena rangsang seksual (Foto: iStock)
Jakarta - Bangun pagi dalam keadaan ereksi mungkin adalah hal yang biasa di kalangan pria. Sebagai salah satu organ seksual, penis sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan seks. Mungkin sebagian bertanya-tanya penyebabnya atau khawatir karena kekurangan testosteron atau merupakan tanda impotensi.

Temukan beberapa fakta dan sains tentang ereksi pagi hari dikutip dari Healthline.



1. Rangsangan fisik

Meskipun mata tertutup, tubuh masih sangat sadar akan apa yang terjadi di sekitar. Ereksi spontan atau bisa disebut random boner, terjadi karena ada beberapa hal yang terjadi di dalam tubuhmu. Pertama, bisa dikarenakan rangsangan fisik. Misalnya ketika tidur, organ genital bisa saja begesekan dengan sprei dan dianggap sebagai rangsangan. Sebagai respons, maka penismu akan ereksi.

2. Perubahan Hormon

Tingkat testosteron yang tertinggi terletak pada pagi hari. Ini terjadi setelah bangun dari tahap tidur rapid eye movement (REM). Peningkatan hormon ini mungkin cukup untuk menyebabkan ereksi, bahkan tanpa adanya stimulasi fisik.

Ketika pria bertambah tua, biasanya antara usia 40 dan 50 tahun, kadar testosteron alami mulai turun, ketika level ini menurun, episode NPT dapat menurun juga. Tes ereksi nokturnal atau Nocturnal Penile Tumescence (NPT) memeriksa apakah seorang pria mengalami ereksi normal selama tidur.

Yang kedua dikarenakan ada pergolakan hormon di dalam tubuh. Salah satu hormon yang sering disebut dalam kasus ini adalah hormon testosteron. Apabila hormon ini mendadak meningkat, bisa jadi penismu akan ereksi dengan spontan walau tidak ada rangsangan fisik.

3. Relaksasi otak

Dan yang ketiga, ereksi spontan juga dapat disebabkan oleh otak yang memasuki fase rileks. Selama kamu terjaga, tubuh manusia akan melepaskan hormon yang menekan ereksi. Ketika kita rileks, hormon ini bisa berkurang sehingga otak memerintahkan tubuh memompa darah ke penis.



4. Siapa yang mendapat morning wood?

Pria dari segala usia dapat mengalami NPT. Ini sehat pada segala usia dan merupakan pertanda darah dan sistem saraf berfungsi dengan baik di dalam dan di sekitar penis. Anak laki-laki muda dapat mengalami NPT semuda 6 hingga 8 tahun. NPT juga dapat terjadi pada pria berusia 60-an dan 70-an.

Pria mungkin mengalami ereksi tiga hingga lima kali setiap malam. Tidak terkait dengan apa yang ada dalam mimpi, NPT dapat bertahan lebih dari 30 menit. Beberapa pria mungkin mengalami ereksi selama dua jam selama tidur mereka. Sebagian besar ereksi akan berkurang dalam beberapa menit setelah bangun.

5. Kapan harus ke dokter?
Ereksi itu sehat, dan jarang menjadi alasan untuk mengunjungi dokter. Namun, dua situas ini mungkin berarti saatnya untuk menemui dokter.

- Anda berhenti mendapat morning wood
Jika sering mengalami 'morning wood' tetapi sekarang tidak mengalaminya sama sekali atau ereksi lebih sedikit, segera konsul dengan dokter. Walaupun wajar jika episode NPT terjadi lebih jarang seiring bertambahnya usia, penurunan frekuensi yang tiba-tiba mungkin merupakan tanda dari masalah medis yang mendasarinya.

- Ereksi terasa sakit
Sebagian besar ereksi pagi akan mereda dalam waktu 30 menit setelah bangun. Jika ereksi berlangsung lebih dari satu jam setelah bangun menjadi sakit, harus untuk kamu membuat janji dengan dokter.

(up/up)