Rabu, 06 Mar 2019 10:52 WIB

Tes DNA Seperti Denny Sumargo, Supaya Lebih Akurat Baiknya Ibu Juga Dites

Widiya Wiyanti - detikHealth
Denny Sumargo melakukan tes DNA dengan anak DJ Verny. Foto: (Desi/detikhot) Denny Sumargo melakukan tes DNA dengan anak DJ Verny. Foto: (Desi/detikhot)
Jakarta - Tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) seperti yang dilakukan Denny Sumargo dengan anak DJ Verny sudah biasanya dilakukan untuk mengetahui hubungan biologis keduanya.

Biasanya yang tes adalah DNA sang anak dan terduga ayah, namun dr Helena Suryadi, MS, ahli genetik sekaligus Wakil Kepala Laboratorium DNA Forensik Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menyebut jika DNA sang ibu juga dites maka hasilnya akan lebih baik.

"Itu adalah tes dengan menggunakan DNA marka autosom dibandingkan antara anak dengan ayahnya, kalau ibunya ikut dites itu akan lebih baik. Setengah pasang DNA bapak menurun ke anaknya, setengah pasang DNA ibu menurun ke anaknya," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (6/3/2019).



Di dalam DNA terdapat lebih dari 20 marka autosom yang bisa dibandingkan pola pewarisannya. Pada tes DNA, seluruh marka autosom akan dicocokkan satu per satu.

"Ada marka A sampe D, E terus Z, kita cocokkan satu-satu. Kalau masing-masing A, B, C, D sampe Z itu cocok semua, maka 99,99 persen adalah anak biologis. Kalau ada 3 saja yang tidak cocok, itu sudah bukan anak biologis," lanjut dr Helena.

dr Helena menegaskan bahwa tes DNA ini menunjukkan dua hasil, yaitu 'cocok' dengan keakuratan 99,99 persen, atau 'tidak cocok' dengan keakuratan nol persen. Tidak ada area abu-abu sehingga akurasinya bisa dibilang sangat tinggi.

(wdw/fds)